12 Desember 2023

12 Desember 2023



Gereja bukan gedungnya 

Allah kita mendirikan Bait Allah supaya Ia hadir dan menyatakan Kuasa-Nya di antara manusia, sebagai lambang agar manusia bergantung pada-Nya.

Allah kita menyatakan bahwa tubuh kita menjadi Bait-Nya, barangsiapa menajiskannya, ia akan dihancurkan.

Allah mau setiap orang percaya bebas dari segala perbuatan dosa, hidup dalam kekudusan, memikul salib dan mengiringi Yesus untuk melayani-Nya.

Markus 13:1-2

1Ketika Yesus keluar dari Bait Allah, seorang murid-Nya berkata kepada-Nya: ”Guru, lihatlah betapa kokohnya batu-batu itu dan betapa megahnya gedung-gedung itu!” 2Lalu Yesus berkata kepadanya: ”Kaulihat gedung-gedung yang hebat ini? Tidak satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan." 

Pada waktu Kristus mengatakan itu, orang-orang tidak mengerti, baru pada tahun 70 Masehi, Jenderal Titus meruntuhkan Bait Allah untuk menjarah emas yang ada.

Pada zaman sekarang ini perdebatan mengenai Bait Allah atau Gedung Gereja, masih terus terjadi. Ada yang berkat Gereja harus megah dan besar, sedangkan sebagian mengatakan di ruko juga tidak apa-apa.

Firman Tuhan mengatakan bahwa secara fisik, gedung Bait Allah atau Gereja itu bisa dihancurkan, jadi jangan fokus pada Gedung nya, tetapi fokus pada Kuasa yang ada di dalam Gerejanya. Orang mungkin banyak yang mencibir, pada waktu Gereja dihancurkan, dikatakan Tuhannya tidak berbuat apa-apa. Itulah yang dimaksudkan bahwa itu hanya gedung yang dihancurkan, Kuasa Allah tidak pernah berubah.

Pembangunan Gereja dilarang di mana-mana, Gedung Gereja diubah fungsi jadi restoran, atau menjadi Gedung Ibadah Agama lainnya, memang Tuhan izinkan saja, tetapi Jemaat yang berbakti, harus tetap bergantung kepada Allah saja, tidak boleh memandang fisik.

Kedahsyatan Bait Allah tidak berhubungan dengan Kemegahan gedungnya. Rasa berbakti mungkin lebih nyaman di Gereja yang mewah, megah, peralatan mahal, tetapi Gereja yang sederhana mungkin panas, kotor, kecil, sempit. Akan tetapi itu tidak berhubungan dengan kehadiran Tuhan di situ.

Gereja punya fungsi sebagai tempat didikan penginjilan, Gereja yang tidak membawa jemaat baru kepada Tuhan, tidak akan ada manfaatnya bagi Tuhan.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar