30 November 2023

30 November 2023



Terdesak

Persoalan:

1. Mudah berkhianat

  • Orang yang terjepit dan terdesak bisa berkhianat, ini karena panik dan stress. Ia seolah bertahan hidup dengan cara apapun. Ia merasa wajar berkhianat.
2. Menghalalkan segala cara 
  • Orang yang merasa diperlakukan tidak adil, dalam keadaan terdesak, ia meng
3. Mengambil keputusan yang salah
  • Keputusan tanpa didoakan dan dipikirkan terlebih dahulu
4. Mudah saja berbuat dosa
  • Prinsip moral tidak lagi menjadi dasar bertindak. Tuhan Yesus mau kita benci dosa.
Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 
"

2 Tawarikh 28:16-27

28:16 Pada waktu itu raja Ahas menyuruh utusan kepada raja negeri Asyur untuk memohon bantuan. 28:17 Karena orang Edom telah datang pula dan mengalahkan Yehuda serta mengangkut tawanan-tawanan. 28:18 Orang-orang Filistin juga telah menyerbu kota-kota di Daerah Bukit dan di Tanah Negeb Yehuda. Merekapun merebut Bet-Semes, Ayalon, Gederot, Sokho dengan segala anak kotanya, Timna dengan segala anak kotanya dan Gomzo dengan segala anak kotanya, dan menetap di kota-kota itu. 28:19 Demikianlah TUHAN merendahkan Yehuda oleh karena Ahas, raja Israel itu, membiarkan kebiadaban berlaku di Yehuda dan berubah setia kepada TUHAN. 28:20 Maka datanglah Tilgat-Pilneser, raja negeri Asyur, kepadanya, hanya bukan membantu dia, melainkan menyesakkannya. 28:21 Walaupun Ahas merampas barang-barang dari rumah TUHAN, dari rumah raja dan dari rumah-rumah para pemimpin dan menyerahkan semua itu kepada raja negeri Asyur, namun perbuatannya itu tidak menguntungkan dia. 28:22 Dalam keadaan terdesak itu raja Ahas ini, malah semakin berubah setia terhadap TUHAN. 28:23 Ia mempersembahkan korban kepada para allah orang Damsyik yang telah mengalahkan dia. Pikirnya: "Yang membantu raja-raja orang Aram adalah para allah mereka; kepada merekalah aku akan mempersembahkan korban, supaya mereka membantu aku juga." Tetapi allah-allah itulah yang menjadi sebab keruntuhan bagi dia dan bersama-sama dengan dia bagi seluruh Israel. 28:24 Ahas mengumpulkan perkakas-perkakas rumah Allah dan menghancurkannya. Ia menutup pintu rumah TUHAN, lalu membuat mezbah-mezbah bagi dirinya di segenap penjuru Yerusalem. 28:25 Di tiap-tiap kota di Yehuda ia membuat bukit-bukit pengorbanan untuk membakar korban bagi allah lain. Dengan demikian ia menyakiti hati TUHAN, Allah nenek moyangnya. 28:26 Selebihnya dari riwayatnya dan seluruh tingkah langkahnya, dari awal sampai akhir, sesungguhnya semuanya itu tertulis dalam kitab raja-raja Yehuda dan Israel. 28:27 Kemudian Ahas mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan dikuburkan di dalam kota, di Yerusalem; tetapi ia tidak dibawa ke pekuburan raja-raja Israel. Maka Hizkia, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.

Raja Ahas dalam keadaan terdesak, menjadi pengkhianat dan kompromi terhadap dosa. Tidak sedikit orang yang terdesak, menjadi seperti ini. Panik dan mencari selamat, akhirnya berkhianat dan melakukan perbuatan berdosa.

Allah mau dalam keterdesakan, kita:

1. Diam dan berdoa
  • Introspeksi diri, tanya sama Tuhan apa yang salah dalam kita - bertobat. Tuhan pasti mau mengampuni kita.
  • Tenang dan diam, nantikan pertolongan Tuhan, namun kita tidak boleh diam terus, mulailah melangkah dengan iman.
2. Cari Wajah Tuhan
  • Dalam keadaan terdesak dan terjepit, berserulah, mohonlah pertolongan dari pada-Nya.
  • Berjalanlah dalam kebenaran sesuai pimpinan Roh Kudus.
3. Bangun Iman dalam Firman Tuhan
  • Carilah petunjuk bagi Iman kita agar bertumbuh, yaitu dalam pengenalan akan firman Tuhan.
  • Berjalanlah dalam iman yang teguh berdasarkan perintah dalam Firman Tuhan.
4. Sabar dan berserah
  • Saksikan karya Tuhan yang dikerjakan-Nya, setelah kita sabar dan berserah. Salib kan daging kita dengan segala kehendaknya.
  • Orang sabar bisa seperti pahlawan yang gagah perkasa.
Amin.

0 comments:

Posting Komentar