05 November 2023

05 November 2023

Ps. Landong - IFGF Bekasi 

Seize the Day

(Manfaatkan Hari Ini) 
Gift of time

Khotbah yg lalu - mengajarkan kita tidak perlu khawatir tentang hari esok, segala kebutuhan kita sudah dijamin oleh Allah. Fokus kita harus pada pelayanan kepada-Nya saja. 

Seize the Day = Pergunakan waktu yang ada

Lukas 9:62

Setiap orang yang siap membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Tuhan. 

Bisa kita terjemahkan bahwa kita boleh melihat ke belakang, seperti driver melihat ke Kaca Spion, tidak boleh tidak, namun tidak boleh kelamaan.

Kita tidak bisa menambah waktu hidup kita, tetapi kita bisa memanfaatkan waktu yang ada ini, dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Pkh 9:10-12

Salomo dengan segala kehebatannya menulis dalam kitab Pengkhotbah, mengatakan bahwa semuanya sia-sia. Semuanya hanya sementara. 

Waktu kita datang dan waktu kita pergi. Menghadapi masalah kita dengan segala kerendahan hati kepada Allah. 

"The bad news is that time flies. The good news is that you're the Pilot"

Kita diberi kehendak bebas, agar kita punya pemahaman. 

Ada 3 hal dalam mempergunakan waktu yang ada:

1. Waktu itu pemberian Tuhan

Pengkhotbah 9:10 (TB) Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

Kita harus isi kehidupan kita dengan baik, dengan upah: "Pujian dari Allah, yaitu, kita dinyatakan sebagai hamba-Nya yang baik dan setia.

Kita diingatkan bahwa segala yang kita miliki akan berakhir. 

Profesor mengatakan bahwa untuk tidak menulis gelar di nisan pada makam nya.

Waktu kita berharga, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Jangan kita Pergunakan dengan hal yang jahat. Waktu tidak bisa berbalik lagi. Tuhan Yesus datang sebentar lagi. 

Time is Love - hendaknya kota manfaatkan waktu kita untuk saling mengasihi. 

Ayub ditemani oleh sahabat-sahabatnya. Walaupun di akhirnya mereka ditegur oleh Tuhan, tetapi sahabat itu dikirim Tuhan menemani Ayub. Tuhan tidak membiarkannAyub sendirian. 

Waktu mengukir memori kita. Kita akan mengukir keindahan atau keburukan dalam hati orang lain. 

Billy Graham suatu waktu ditanya Wartawan, "Jika Anda diberi kesempatan mengulang kali ke dua kesempatan untuk bisa kembali ke waktu lampau, apa yang akan Anda lakukan?" Billy Graham menjawab, "Saya akan memperbanyak waktu saya bersama keluarga saya". 

Waktu yang Tuhan berikan ini berharga dan bentuk Kasih Allah buat kita. 

2. Waktu tidak bisa diduga

Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. 

Pkh 9:11-12 

Tidak bisa memastikandengan melihat, tidak bisa mengerti tidak bisa juga membedakan. Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan. 

Waktu yang akan terjadi besok tidak kita ketahui. Merencanakan sesuatu bisa, tetapi kita akan masih hidup atau tidak, kita tidak tahu. 

Ada orang yang suka membatalkan janji. Waktu Tuhan berikan kita yang berharga. Orang yang kita buat janji itu sangat Tuhan hargai, jadi Tuhan juga kecewa kalau kita mengecewakan orang lain. 

Penundaan adalah Pencuri Waktu

Kesaksian:

- Ada suatu artikel surat kabar BBC mengatakan tentang Procastination (Menunda). Seseorang yang membeli suatu buku berjudul  itu, ia membeli suatu buku tentang menunda. 

Orang ini mengatakan ia lupa meletakkan buku itu. Kalau ia meletakkan buku itu dengan baik dan langsung membacanya, mungkin ia bisa mengubah hidupnya. Tapi sekali lagi ia menunda membaca buku itu. Sehingga akhirnya buku itu hilang. Mengapa buku itu hilang? Karena ia menunda membaca buku itu. 

Lucu ya.

3. Pergunakan Waktu Anda dengan Baik

Efesus 5:15-17 (TB)

15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang Arif, 16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.  17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan

Kesempatan pertama pasti lebih baik daripada kesempatan kedua atau ketiga. Bis jadi kita harus mengalami hukuman dulu, baru diberi kesempatan kedua atau ketiga. 

Ingatlah waktu hidup kita sebentar dan Tuhan yang berdaulat. Pergunakan waktu yang ada sebaik mungkin. 

Belpete on Akribos (Yunani) = Melihat dengan cermat/seksama = menggunakan waktu yang sebaiknya. 

Pengalaman di Toba Samosir, kaum Bapak kumpul di Lapo Tuak, sebelum disamperin sama Polisi Toba (istri). Sang istri juga bergossip. Dari A-Z dibahas. Artinya semua waktu dihabiskan untuk hal-hal yang sia-sia. 

Kesaksian Ibunda Ps. Landong yang menjanda 25 tahun lamanya. Ia tidak menikah lagi. Ia berjuang demi anak-anaknya 8 orang. Semuanya tidak ada yang putus sekolah. Semuanya bisa kuliah. Berapa perjuangan nya. Ajaib Tuhan. 

Pergunakan waktu yang ada. Jangan dibuang untuk kegiatan sia-sia. 

Amin. 

0 comments:

Posting Komentar