23 November 2023

23 November 2023



Matius 21:12-17

Yesus menyucikan Bait Allah
21:12 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati 21:13 dan berkata kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun." 21:14 Maka datanglah orang-orang buta dan orang-orang timpang kepada-Nya dalam Bait Allah itu dan mereka disembuhkan-Nya. 21:15 Tetapi ketika imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat melihat mujizat-mujizat yang dibuat-Nya itu dan anak-anak yang berseru dalam Bait Allah: "Hosana bagi Anak Daud!" hati mereka sangat jengkel, 21:16 lalu mereka berkata kepada-Nya: "Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?" Kata Yesus kepada mereka: "Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?" 21:17 Lalu Ia meninggalkan mereka dan pergi ke luar kota ke Betania dan bermalam di situ.

1 Korintus 6:19

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus  yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Dari ayat-ayat bacaan di atas, dapat kita simpulkan beberapa hal:
  1. Tuhan Yesus mau Bait Allah adalah tempat orang percaya berdoa kepada Tuhan - Orang yang datang ke Bait Allah harus punya tujuan ingin berdoa kepada Tuhan. Banyak orang betul datang ke Gereja, tetapi pikirannya hanya kewajiban saja.
  2. Bait Allah adalah tempat Kesembuhan dan tempat Pembebasan - Orang yang datang ke Gereja, haruslah orang yang penuh harapan bahwa jika ia datang ke Gereja, maka ia akan Disembuhkan dan mendapatkan pembebasan dari Tuhan. Ada juga orang yang berangkat sakit, pulang tetap sakit, berangkat kecewa, pulang tetap kecewa.
  3. Tubuh Manusia adalah Bait Roh Kudus yang harus selalu kudus - Tuhan Yesus mau setiap orang yang percaya kepada-Nya, menguduskan diri senantiasa. Bait Allah adalah tempat Roh Kudus bertakhta, maka dari itu kita harus selalu membersihkan diri kita dari segala dosa dan kejahatan.
Amin.

0 comments:

Posting Komentar