04 November 2023

04 November 2023



PERJAMUAN KUDUS SEBAGAI PERINGATAN

Selama manusia berjalan dalam dosa, ia akan binasa. Manusia harus sadar itu. Kristus mati mencurahkan darah-Nya bagi penebusan kita.

Hidup di dunia ini, kita tidak punya jaminan. Kristus memberi jaminan keselamatan.

Tubuh dan Darah Yesus menjadi Fondasi iman Kristen. Kalau bukan karena darah dan tubuh Yesus, maka kita tidak akan bisa berdoa dengan leluasa. 

Yesus naik ke atas Kayu salib mencurahkan Darah-Nya menebus seluruh umat manusia dari dosa. 

Lukas 22:14-23

Penetapan Perjamuan Malam

22:14 Ketika tiba saatnya, Yesus duduk makan bersama-sama dengan rasul-rasul-Nya. 22:15 Kata-Nya kepada mereka: "Aku sangat rindu makan Paskah ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita. 22:16 Sebab Aku berkata kepadamu: Aku tidak akan memakannya lagi sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah." 22:17 Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: "Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu. 22:18 Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang." 22:19 Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku." 22:20 Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu. 22:21 Tetapi, lihat, tangan orang yang menyerahkan Aku, ada bersama dengan Aku di meja ini. 22:22 Sebab Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan, akan tetapi, celakalah orang yang olehnya Ia diserahkan!" 22:23 Lalu mulailah mereka mempersoalkan, siapa di antara mereka yang akan berbuat demikian.

Peringatan apa dalam Perjamuan Kudus:

1. Kita bersatu dengan Kristus dalam Perjamuan Kudus

Dalam Perjamuan Kudus yang diadakan di Gereja, Darah dan Daging Yesus kita makan, dalam arti kita bersatu dengan Kristus Yesus. Artinya kita tidak bisa lagi dikuasai oleh dosa. Kita harus bisa menyadari hal ini. Kita sudah menjadi Ciptaan baru yang betul betul baru.

Dalam berjalan di dunia ini, kita seringkali merasa bersatu dengan dunia ini. Ini yang mau ditebus dan diubahkan oleh Tuhan Yesus. Kita bukan berasal dari dunia ini. Dunia dan segala keinginannya, akan binasa, tetapi kita akan diselamatkan, kita tidak bersatu dengannya.

2. Supaya kita selalu ingat akan pengurangan Yesus

Kita diingatkan oleh Karya Kristus sewaktu mengambil Perjamuan Kudus. Nyawa-Nya saja diberikan bagi kita, masakan kita tidak ditolong sewaktu dalam sakit.

Kita akan melihat masalah besar, menjadi kecil dan masalah kecil tidak ada lagi.

3. Kita ditantang untuk hidup dalam kekudusan

Kita yang sudah ditebus dalam darah Kristus, maka kita dituntut untuk setia dan mengasihi Kristus, sehingga tidak lagi kita akan tertarik akan dosa. Kita diberi kemampuan untuk berjalan dalam kebenaran.

Amin.  


0 comments:

Posting Komentar