28 November 2023

28 November 2023



PEMBOROSAN 

Hal tersulit bagi orang dalam dunia zaman sekarang: HEMAT

Mengapa?

Dunia kita ini mengajar kita untuk Konsumtif atau Boros!! Orang membeli sesuatu lewat internet yang dirasa harus membeli, bukan kebutuhan.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 

Mulai masa kanak-kanak sudah diajar membeli sesuatu yang mahal. Sewaktu dewasa, pikirannya harus mendapat uang yang banyak, untuk memenuhi nafsu belanjanya. Pria korupsi, wanita menjual tubuhnya. Inilah kehancuran peradaban manusia. Pemborosan menghancurkan manusia.

Tuhan Yesus mengajar kita bersyukur atas apa yang sudah diberikan Tuhan bagi kita. Jangan mengingini yang tidak menjadi hak kita. 

Markus 14:3-9

Yesus diurapi

14:3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus. 14:4 Ada orang yang menjadi gusar dan berkata seorang kepada yang lain: "Untuk apa pemborosan minyak narwastu ini? 14:5 Sebab minyak ini dapat dijual tiga ratus dinar lebih dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." Lalu mereka memarahi perempuan itu. 14:6 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. 14:7 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, dan kamu dapat menolong mereka, bilamana kamu menghendakinya, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. 14:8 Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. 14:9 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia." 

Tuhan Yesus melihat perbuatan perempuan tersebut, tidak termasuk kategori Pemborosan, melainkan suatu perbuatan yang mulia. Mengapa? Ia mengorbankan dirinya, dengan memberikan benda termahal dalam hidupnya. Ia bahkan menyekanya dengan rambutnya. Rambut adalah mahkota seorang perempuan. Ia melakukan suatu perbuatan yang luar biasa.

Jadi konsep Pemborosan dalam Kristus:

1. Mengeluarkan uang untuk tujuan yang tidak jelas

  • Ibu-ibu membeli sesuatu yang ia tidak butuhkan, hanya termakan iming-iming "sale" atau "diskon".

2. Membeli sesuatu demi menyaingi orang lain

  • Tuhan tidak memberkati kita supaya kita menang dari orang lain.

3. Mengeluarkan uang demi sesuatu yang sia-sia

  • Membeli barang yang mudah rusak dan tidak bernilai.

4. Mengeluarkan uang sejumlah yang melebihi kemampuan

  • Membeli sesuatu dengan melebihi kemampuan kita.

Perbuatan baik yang benar di Mata Tuhan:

1. Perbuatan yang fokusnya untuk Tuhan

  • Perbuatan yang ditujukan untuk memuliakan Nama Tuhan. Misalnya lihat orang miskin, kita menolongnya.

  • Perbuatan apapun dengan motivasi untuk Tuhan, juga 

2. Perbuatan yang memiliki Makna yang kekal

  • Membayar uang sekolah anak, kita sekolahan di sekolah yang baik. Itu maknanya kekal dalam hidup anak kita.

3. Perbuatan dengan motivasi yang tulus

  • Motivasi keserakahan yang melatarbelakangi perbuatan baik, adalah jahat di mata Tuhan. Seperti murid Tuhan Yesus yang Mengkritik perempuan yang meminyaki Tuhan Yesus, mengatakan untuk memberi kepada orang miskin, padahal nantinya bisa dikorupsi.

  • Juga jika kita memberi orang miskin, tapi untuk diterimakasihi, atau dipuji orang lain. Itu sia-sia.

4. Perbuatan yang tujuannya memuliakan Nama Tuhan

  • Niat hati kita, ingin agar Nama Tuhan dimuliakan melalui perbuatan kita.

Amin.


0 comments:

Posting Komentar