14 November 2023

14 November 2023



Gossip & Fitnah

Keduanya bisa berjalan bersamaan:

Gossip isinya Fitnah

Fitnah itu disebarkan melalui Gossip

Jagalah lidah dan perkataan kita, kita bisa punya musuh atau teman, ditentukan oleh lidah kita. Orang senang memfitnah orang lain dengan Gossip dan Fitnah. 

Keluarga bisa hancur hanya karena gossip dan fitnah. Istri bisa cemburu karena gossip dan fitnah.
1. Jangan cepat percaya
2. Selidiki dulu berdoa dulu 

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 

Program ke 
"Omongan Sia-sia"

Kebiasaan di tengah-tengah kesibukan, justru membuang waktu dengan omongan yang sia-sia. Menyebarkan gossip dan fitnah dianggap bisa melegakan segala kepenatan. Ini betul-betul menyeramkan.

Titus 1:5-16

Tugas Titus di Kreta -- Syarat-syarat bagi penatua, penilik jemaat

1:5 Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu, 1:6 yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib. 1:7 Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah, 1:8 melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri 1:9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya. 1:10 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran. 1:11 Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya, karena mereka mengacau banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan. 1:12 Seorang dari kalangan mereka, nabi mereka sendiri, pernah berkata: "Dasar orang Kreta pembohong, binatang buas, pelahap yang malas." 1:13 Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman, 1:14 dan tidak lagi mengindahkan dongeng-dongeng Yahudi dan hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran. 1:15 Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatupun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis. 1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

Tujuan orang-orang yang jahat itu adalah mengacaukan keluarga-keluarga dengan omongan yang sia-sia.

Jadi bagaimana orang percaya harus bersikap, dalam menghadapi gossip dan fitnah:

1. Memiliki kualitas hidup yang berkenan kepada Allah

  • Inilah kekuatan kita dalam menghadapi gossip yang diberitakan. Akan tetapi kita harus telaah, apakah gossip itu isinya benar? Bertobat dulu.
  • Jangan kita membela diri, tetapi biarkan Tuhan yang menyingkap kebenaran.
2. Tidak peduli pada omongan yang diberitakan

  • Orang yang gossip itu, senang sekali jika kita marah. Kita harus diamkan saja dan serahkan semuanya kepada Tuhan.
  • Kalau kita tidak salah, maka kita harus serahkan kepada Tuhan. Masalahnya adalah setengahnya
3. Hidup lah suci dan serahkan pada Roh Kudus

  • Allah kita lah yang akan membalas orang yang jahat kepada kita.
Amin.

0 comments:

Posting Komentar