23 November 2023

23 November 2023




Nubuat

Ada dua kata menakutkan buat orang percaya: "Bahasa Roh" dan "Nubuat". Mengapa menakutkan?
  • Di kalangan Gereja, banyak yang memperdebatkan hal-hal tersebut. Padahal keduanya ada di dalam Alkitab. Seringkali keduanya ada yang dipakai untuk menyesatkan umat Tuhan yang masih belum kuat imannya. 
  • Banyak orang yang justru mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan dengan Nubuat. Mengapa Setan juga memakai Nubuat untuk hal yang buruk?
  • Bahasa Roh dan Nubuat, dipakai Allah untuk menegur dan mengatakan pesan Allah, namun itu justru menjadi sumber perpecahan dalam Gereja. Itulah makanya banyak dilarang oleh Majelis Gereja.
Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 
"Nubuat"

Allah menyatakan pesannya di zaman nabi, dengan Nubuatan. Apakah di zaman sekarang ini Nubuat masih ada? Justru sekarang ini Nubuat Allah disampaikan melalui setiap orang. Tubuh kita adalah Bait Roh Kudus yang berdiam di dalam nya. 

1 Timotius 1:18-20

Tugas Timotius
1:18 Tugas ini kuberikan kepadamu, Timotius anakku, sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu, supaya dikuatkan oleh nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni. 1:19 Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka1:20 di antaranya Himeneus dan Aleksander, yang telah kuserahkan kepada Iblis, supaya jera mereka menghujat.

Pemahaman Nubuat: Penyataan kehendak Allah, sebagai pemenuhan kebutuhan bagi orang yang melayani-Nya, juga beserta keluarganya.

1. Nubuat beda dengan teguran
  • Nubuat tidak pernah teguran. Allah memberikan kekuatan, semangat, kemampuan Illahi untuk menghadapi tantangan. Itulah Nubuat.
  • Nubuat tidak pernah mendatangkan keadaan tidak damai sejahtera. Kalau dikatakan ada Nubuat yang mengatakan menyimpang dengan firman Tuhan. 
  • Contoh Nubuat palsu: "Kita tidak perlu lagi membaca firman Tuhan lagi, karena Roh Kudus....
2. Nubuat itu petunjuk Allah
  • Allah mau kita pergi dengan petunjuk yang diberikan-Nya, sehingga kita tidak salah jalan atau tersesat. Allah memberikan petunjuk-Nya dengan cara Nubuat yang disampaikan bagi setiap orang yang membutuhkannya.
3. Nubuat itu menyatakan apa yang akan terjadi
  • Apa yang sedang terjadi seringkali membingungkan, di situlah Nubuat menjawab pertanyaan kita. Misalnya: Yusuf diingatkan melalui mimpi, akan ada tahun kelaparan, tetapi didahului oleh tahun kelimpahan.
4. Tuhan menegaskan bahwa Tuhan mengerti apa yang kita alami
  • Tuhan mau mengingatkan kita, bahwa Allah mengerti apa yang kita sedang alami. Mungkin kita sedang goyah, sedang ragu, Allah memberikan penegasan akan pemahaman Allah semua masalah dalam kehidupan kita.
Amin

0 comments:

Posting Komentar