26 November 2023

26 November 2023




Kedatangan Kristus kali yang kedua

Nabi palsu juga mengajarkan tentang hal ini. Tujuannya mencari keuntungan dari orang yang lengah. Orang sangat takut masuk neraka. Orang juga menantikan kapan waktunya.
Alkitab tegas mengatakan bahwa, jangan fokus pada kapan Tuhan Yesus datang, tetapi bagaimana kualitas hidup kita selama menantikannya. Fokus lah pada Amanat Agung yang diucapkan Tuhan Yesus sebelum Ia naik ke Surga.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 
"Hari Tuhan Seperti Pencuri"

Hari Tuhan:
1. Seperti mempelai laki-laki menjemput mempelai perempuan
2. Seperti pencuri yang datang tidak diketahui waktunya

Yang mana yang betul? Keduanya betul. 
Pertanyaannya: 

Kepada siapa?

1. Lalang dan Kambing - Kristus datang sebagai Pencuri 

Matius 25:31-46 <-- Kambing

Matius 13:24-30 <-- Lalang

  • Orang yang tidak mau menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat nya pribadi. Ia tidak akan bisa hidup kudus di hadapan Allah. Padahal syarat ke Surga adalah hanya melalui Kristus saja. 
  • Orang yang sudah mengenal Kristus, tetapi hidup dalam kenajisan dan dikuasai hawa nafsu duniawi. Ia berkedok kekristenan, tetapi hidup dalam dosa. Orang seperti ini kekejian bagi Kristus.
2. Gandum dan Domba - Kristus datang sebagai Mempelai Pria yang menjemput mempelai Wanitanya yaitu Jemaat-Nya di bumi 

2 Petrus 3:10-16

3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. 3:11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup 3:12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya. 3:13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran. 3:14 Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia. 3:15 Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya. 3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain. 

Kedatangan bagi orang yang percaya, sebagai mempelai, tetapi kalau hidup dalam kejahatan, menolak Kristus, Ia datang seperti pencuri.
Kita hidup berkenan maka kita akan jadi mempelai Kristus.

Mengapa pencuri:

1. Mengejutkan

  • Orang Percaya yang mencintai Tuhan, selalu menanti-nantikan kapan Kristus datang. Tetapi sebaliknya untuk orang yang tidak mau percaya Kristus, maka hari itu adalah suatu yang mengagetkan. Tidak ada tanda-tanda yang diketahui.
  • Oleh karena itu dalam keseharian kita, harus menyadari bahwa Kristus datang seperti pencuri buat orang yang tidak mengenal-Nya, sehingga kita akan hidup kudus.

2. Merugikan

  • Kedatangan Kristus kali yang kedua bukan lagi mengampuni dosa, tetapi memisahkan ilalang dari gandum, kambing dari domba, 
  • Kristus bersifat sebagai hakim bagi orang yang tidak percaya dan menjadi Pembela bagi orang yang yang hidupnya bergantung kepada-Nya senantiasa.
  • Kristus akan membuang semua orang yang menyangkal-Nya.
3. Hari Penyesalan
  • "Seandainya saya terbangun, maka pencuri tidak akan bisa masuk rumah". Orang yang sudah diberitahu, tetapi menolak Kristus, maka ia akan kehilangan segalanya.
  • Hari itu adalah hari penyesalan, jika seseorang tidak ikut Kristus dengan sungguh-sungguh. Khususnya bagi orang yang sudah percaya kepada Kritus, tetapi masih mencintai kehidupan dunia dan kedagingan, tidak akan dibawa Kristus ke Surga.

Yehezkiel 18:23

Apakah Aku berkenan kepada kematian orang fasik? demikianlah firman Tuhan ALLAH. Bukankah kepada pertobatannya supaya ia hidup?

Amin


0 comments:

Posting Komentar