09 November 2023

09 November 2023



Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke-368

Kejadian 21:8-12

Abraham mengusir Hagar dan Ismael

21:8 Bertambah besarlah anak itu dan ia disapih, lalu Abraham mengadakan perjamuan besar pada hari Ishak disapih itu. 21:9 Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri. 21:10 Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak." 21:11 Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu. 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

Rasul Paulus juga menjelaskan di Perjanjian Baru, mengenai hal tersebut:

Galatia 4:29-31

4:29 Tetapi seperti dahulu, dia, yang diperanakkan menurut daging, menganiaya yang diperanakkan menurut Roh, demikian juga sekarang ini. 4:30 Tetapi apa kata nas Kitab Suci? "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba perempuan itu tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anak perempuan merdeka itu." 4:31 Karena itu, saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak hamba perempuan, melainkan anak-anak perempuan merdeka.

Jadi di dalam diri manusia ada dua kehidupan:

1. Daging 

  • Sarai menyangka ia akan melahirkan melalui budaknya. Ketidakpercayaan kepada Nubuatan Tuhan, berbuahkan keburukan. Tuhan mau menggambarkan Hagar dan Ismael yang diusir itu, menggambarkan kedagingan dalam kehidupan kita. 
  • Untuk kita, harus kita buang semua kedagingan kita. Terang dan Gelap Tidak bisa bersatu. Anak muda, tidak boleh mencari pasangan dari yang bukan anak Tuhan. Kalau memaksakan bersatu dengan daging (sark = Yunani), maka kita akan menderita seumur hidup, bahkan maut.
  • Roma 8:8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah 
  • Gal 5:19-21 5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: (1) percabulan, (2) kecemaran, (3) hawa nafsu, 5:20 (4) penyembahan berhala, (5) sihir, (6) perseteruan, (7) perselisihan, (8) iri hati, (9) amarah, (10) kepentingan diri sendiri, (11) percideraan, (12) roh pemecah, 5:21 (13) kedengkian, (14) kemabukan, (15) pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah 

2. Roh

  • Yakobus 4:5 Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu. Roh manusia adalah Nafasnya Tuhan yang diingini-Nya dengan cemburu. 
  • Matius 26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah."
  • Jadi kita harus berjaga-jaga dan berdoa, agar Roh Allah yang ada di dalam kita senantiasa menguasai hidup kita.
Tidak ada orang yang melihat Allah, kecuali hidup dalam kesucian. Kesucian tidak akan bisa jika masih hidup dalam kedagingan. Tinggalkan kedagingan kita dengan berjaga-jaga dan berdoa.

Amin.



0 comments:

Posting Komentar