21 November 2023

21 November 2023



Benih Pertumbuhan Gereja 

Rumus Orang Kristen yang tidak masuk di akal manusia:

"Makin dihambat makin merambat, makin ditindas makin melibas makin ditekan makin dimuliakan"

Darah orang benar itu adalah benih gereja. Iblis membunuhi orang benar, justru semakin besar Gereja di bumi ini. Semakin banyak air mata yang tumpah, pekerjaan Tuhan semakin meluas di daerah itu. Darah orang percaya adalah pupuk pertumbuhan iman.

Mengapa umat Allah ditindas, tapi semakin bertumbuh? 

  1. Allah kita ahli mengubah kutuk menjadi berkat. Orang Kristen dihina, disiksa, dibunuh, tetapi itu diubah Tuhan menjadi benih Gereja yang baru. Kekristenan menjadi semakin kuat dengan tekanan demi tekanan yang mereka terima. 
  2. Allah melatih umat-Nya di tengah masa sukar, untuk dapat berjuang melibatkan Roh Kudus memenangkan peperangan kita.
  3. Allah mengutus Roh-Nya bagi tiap anak-Nya. Kita tidak perlu takut dan gentar karena di masa sukar justru kita banyak belajar, untuk dapat berjalan dalam kemuliaan-Nya.
  4. Allah tidak pernah mempermalukan anak-anak-Nya, justru Ia menyediakan apa yang tidak pernah terlintas dalam pikiran mereka.
Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program Ke 

Sejarah Kitab Keluaran: 
  • Kitab ini ditulis tahun 1400 SM oleh Nabi Musa selama 400 tahun. 
  • Menceritakan sejak Yakub masuk ke tanah perjanjian, hingga pembangunan Tenda Tabernakel. 
  • Tentang perkembangan bangsa Israel yang dimulai dari 70 orang anggota keluarga dekat Yakub, hingga jumlah mereka tidak terhitung lagi banyaknya di Mesir. 
  • Ada pemusnahan arsip tentang Yusuf, akibatnya bangkitlah seorang Firaun yang tidak mengenal Yusuf, sehingga karena khawatir akan jumlah bangsa Israel yang semakin besar, ia menindas bangsa Israel. 
  • Karena teriakan bangsa Israel kepada Tuhan, Musa diutus Tuhan membebaskan umat Israel keluar dari tanah Mesir. 
Itulah isi kitab Keluaran.

Keluaran 1:1-12

Orang Israel ditindas di Mesir

1:1 Inilah nama para anak Israel yang datang ke Mesir bersama-sama dengan Yakub; mereka datang dengan keluarganya masing-masing: 1:2 Ruben, Simeon, Lewi dan Yehuda; 1:3 Isakhar, Zebulon dan Benyamin; 1:4 Dan serta Naftali, Gad dan Asyer. 1:5 Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir. 1:6 Kemudian matilah Yusuf, serta semua saudara-saudaranya dan semua orang yang seangkatan dengan dia. 1:7 Orang-orang Israel beranak cucu dan tak terbilang jumlahnya; mereka bertambah banyak dan dengan dahsyat berlipat ganda, sehingga negeri itu dipenuhi mereka. 1:8 Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf. 1:9 Berkatalah raja itu kepada rakyatnya: "Bangsa Israel itu sangat banyak dan lebih besar jumlahnya dari pada kita. 1:10 Marilah kita bertindak dengan bijaksana terhadap mereka, supaya mereka jangan bertambah banyak lagi dan--jika terjadi peperangan--jangan bersekutu nanti dengan musuh kita dan memerangi kita, lalu pergi dari negeri ini." 1:11 Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses. 1:12 Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan berkembang mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel itu. 

Apa kunci orang percaya bisa berhasil: 

1. Andalkan Tuhan saja

  • Orang yang mengandalkan Tuhan, pasti Ia akan diberi kemenangan, hikmat dan mukjizat. Banyak berdoa, aktif di Gereja, Puji Tuhan, jangan cepat marah, mengasihi sesama.

2. Praktikkan hukum dan prinsip firman Tuhan

  • Carilah Tuhan selama ia berkenan ditemui, artinya baca firman dan selalu Praktikkan firman Tuhan itu.

3. Berharap dalam segala perkara

  • Tuhan mau kita jangan menyerah. Selalu ada jalan keluar dan percayalah Tuhan sudah sediakan Masa Depan yang indah buat kita. 

4. Belajar dari setiap perkara

  • Orang yang berhikmat adalah orang yang belajar dari segala kejadian di dalam kehidupannya.

Amin

0 comments:

Posting Komentar