28 Oktober 2023

 28 Oktober 2023



Siapapun harus bertobat dari kesalahannya

Matius 5:35

maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; 
  • Yerusalem adalah kota besar, Kota lahirnya agama dunia. Tapi juga paling banyak mengalir darah. Pusat peperangan. Terjadi kehancuran. 
  • Di satu sisi, Tuhan mau melahirkan orang-orang besar dan dahsyat di Yerusalem, tetapi Iblis berusaha menghancurkan karya Tuhan.
  • Tuhan Yesus akan datang kembali di Yerusalem dan menyatakan kemenangan bagi seluruh umat yang menantikan Yesus.
Akan tetapi sebaliknya, Tuhan Yesus berfirman:

Lukas 21:24

dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu.

  • Yerusalem akan diinjak-injak
  • Waktu itu belum banyak orang yang tidak paham maksud Yesus. Akan tetapi jika kita menonton berita dunia, kita melihat bahwa Yerusalem yang artinya kota damai, tidak pernah mengalami kedamaian. Kekerasan hati dan egoisme mereka yang mementingkan dirinya, maka kehancuran tidak akan berhenti, jika Yerusalem belum mau mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Lukas 21:20-24

Tentang runtuhnya Yerusalem

21:20 "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. 21:21 Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, 21:22 sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis. 21:23 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini, 21:24 dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu." 

  • Pdt.Gilbert setiap kali pergi ke Yerusalem, ia melihat semakin banyak tentara berkeliling di kota itu. Berarti Nubuatan Tuhan Yesus digenapi.
  • Bagi kita yang percaya, bahwa bukan Yerusalem Baru yang kita nantikan, bukan Yerusalem di Israel bumi ini.

Mengapa Yerusalem menjadi kota yang diinjak-injak?

1. Yerusalem menolak Mesias dan menyalibkan-Nya

Tuhan Yesus dalam Matius 23:27 berfirman: 
"Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

  • Allah sudah melawat Yerusalem, bahkan basis pelayanan Allah Maha Besar Mesias Juruselamat Umat manusia berkarya di Yerusalem, tetapi malah menolak-Nya. Akhirnya Yerusalem menjadi kota yang penuh kesulitan dan kesusahan.
  • Ibarat Yerusalem, setiap orang yang menolak Mesias, menolak Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat nya, akan menderita dalam hidupnya. Kristus sudah mati dan menebus hidup manusia, tetapi manusia itu tidak tahu terimakasih.

2. Yerusalem tidak mau bertobat, padahal sudah diberi kesempatan bertobat

  • Ini mengingatkan kita, apakah kita bertobat, jika kita berdosa dan diingatkan Tuhan? Kita harus sadar bahwa Yerusalem sebagai lambang bagi kehidupan kita yang tidak sepatutnya kita perbuat. 
  • Bertobatlah!
  • Jika kita mau bertobat, maka masih ada harapan.

Wahyu 2:21

Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.

3. Sebagai bukti, bahwa Allah tidak pandang bulu

  • Bukan karena Yerusalem disayang Tuhan, terus Tuhan tidak mau menghukumnya. Allah tidak pandang bulu, jika ia bersalah, maka Allah akan menghukumnya juga. Tujuannya adalah supaya ia bertobat.
  • Allah kita menghukum siapa yang bersalah. Ia tidak pandang bulu.
  • Mungkin seseorang bisa jadi Pendeta, Hamba Tuhan, Orang kaya yang menyumbang dana bagi Gereja, akan tetapi jika kita berdosa dan tidak mau bertobat, maka Allah bisa mendatangkan hukuman agar orang itu sadar.

Roma 2:11

Sebab Allah tidak memandang bulu.

Amin

0 comments:

Posting Komentar