19 Oktober 2023

19 Oktober 2023



Perjamuan Kawin Anak Domba

Kita sehidangan dengan Tuhan dalam Pesta Perjamuan Kawin Anak Domba. Pada saat kita mengikuti Perjamuan Kudus di gereja, itu sama dengan kita mengingat keadaan yang akan datang itu.

Perjamuan Kudus juga adalah peringatan akan perbuatan Kristus buat umat manusia sehingga manusia disucikan dan dijadikan anak-anak-Nya, yang layak untuk masuk bersama dalam Pesta Perjamuan Anak Domba.

Mungkin Perjamuan Kudus itu berbeda-beda di Gereja masing-masing. 

Lukas 22:7-13

Persiapan untuk makan Paskah

22:7 Maka tibalah hari raya Roti Tidak Beragi, yaitu hari di mana orang harus menyembelih domba Paskah. 22:8 Lalu Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, kata-Nya: "Pergilah, persiapkanlah perjamuan Paskah bagi kita supaya kita makan." 22:9 Kata mereka kepada-Nya: "Di manakah Engkau kehendaki kami mempersiapkannya?" 22:10 Jawab-Nya: "Apabila kamu masuk ke dalam kota, kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia ke dalam rumah yang dimasukinya, 22:11 dan katakanlah kepada tuan rumah itu: Guru bertanya kepadamu: di manakah ruangan tempat Aku bersama-sama dengan murid-murid-Ku akan makan Paskah? 22:12 Lalu orang itu akan menunjukkan kepadamu sebuah ruangan atas yang besar yang sudah lengkap, di situlah kamu harus mempersiapkannya." 22:13 Maka berangkatlah mereka dan mereka mendapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah.

Bayangkan, dalam kisah di atas, Tuhan Yesus sendirilah yang mempersiapkan acara Perjamuan Paskah di ruangan khusus.

Hal Perjamuan Kudus:

  1. Pesta yang sangat Penting - ini harus dipersiapkan dengan betul. Ini bukan makan malam biasa. Ini adalah pesta yang sangat penting buat Tuhan Yesus. Karena lewat perjamuan Kudus itu kita mengingat kebaikan Allah buat kita. Kristus mau mengajarkan pada murid-murid-Nya, bahwa Allah sudah melawat umat-Nya, dan Ia mau manusia menjadi satu dengan-Nya dalam persatuan Daging dan Darah-Nya. Jangan sampai Perjamuan Kudus tinggal upacara Gereja biasa. Tidak boleh hanya orang melakukan Perjamuan Kudus seperti suatu rutinitas belaka.
  2. Yesus harus tetap menjadi Sentralnya - Tuhan Yesus mau mempersiapkan sendiri  tempat Perjamuan Paskah. Itu supaya para murid tidak perlu menjadi repot mempersiapkan acara itu. Tuhan Yesus mau para murid fokus pada apa yang Tuhan kerjakan dalam diri manusia. Perjamuan Kudus harus menjadikan Kristus yang menjadi tokoh Sentral. Untuk itu Kudus kan diri kita, sehingga kita layak di dalam Pesta Perjamuan Kudus. ketika Yesus masuk ke dalam hidup kita, maka kita tidak perlu takut lagi. Kita akan menjadi orang yang merdeka dan bebas tanpa ikatan dosa.
  3. Perjamuan Kudus adalah persiapan kita dalam menghadapi segala perkara dalam dunia ini - Dalam Perjamuan Kudus Allah mencurahkan kuasa yang dahsyat bagi orang yang mengambil bagian di dalamnya. Kita tidak boleh kecewa, tidak boleh undur, karena Kristus sudah mengambil bagian dalam hidup kita. Kita akan bersama-sama duduk dalam Pesta Perjamuan Anak Domba.
Amin

0 comments:

Posting Komentar