06 Oktober 2023

06 Oktober 2023



Orang miskin dan orang kaya

Salah satu perkataan Yesus di dalam Injil adalah: "Lebih mudah  unta masuk ke lubang jarum, daripada orang kaya masuk ke kerajaan Surga". Ini adalah peribahasa tentang orang kaya yang tidak mungkin masuk ke Surga.

Surga itu isinya orang miskin kah? Semua orang kaya masuk neraka? Bukan begitu juga. Orang masuk Surga itu karena ia menerima Tuhan Yesus bertakhta dalam hidupnya, bukan karena ia kaya atau miskin.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 868
"Peringatan kepada orang kaya"

Di mana hartamu berada, di situ hatimu berada. Jika kita meletakkan hati kita di harta kita, itu sama dengan harta kita itu menjadi tuan kita. Itulah yang menjauhkan kita

Yakobus 5:1-6

Peringatan kepada orang kaya

5:1 Jadi sekarang hai kamu orang-orang kaya, menangislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kamu! 5:2 Kekayaanmu sudah busuk, dan pakaianmu telah dimakan ngengat! 5:3 Emas dan perakmu sudah berkarat, dan karatnya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah mengumpulkan harta pada hari-hari yang sedang berakhir. 5:4 Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu. 5:5 Dalam kemewahan kamu telah hidup dan berfoya-foya di bumi, kamu telah memuaskan hatimu sama seperti pada hari penyembelihan. 5:6 Kamu telah menghukum, bahkan membunuh orang yang benar dan ia tidak dapat melawan kamu.

Bagaimana Orang kaya harus bersikap:

1. Orang kaya masuk Surga jika menyadari semua milik Allah

Status sosial tidak menentukan masuk di Surga atau neraka. 

Orang kaya punya tempat di Surga, jika ia menyadari bahwa kekayaannya itu asalnya dari Tuhan. Kekayaan itu tidak akan dipakai untuk perbuatan yang ditujukan untuk menguntungkan dirinya sendiri. Jika ia merasa kekayaan itu karena kehebatannya sendiri. Siapapun orang itu sadari, bahwa semua yang dimiliki itu asalnya dari Tuhan. 

2. Hatinya tulus 

Orang miskin juga bisa masuk neraka jika ia merasa sombong dan mengutuk orang kaya.

Tidak ada seorangpun yang sampai kepada Allah Bapa, kecuali melalui Tuhan Yesus Kristus. Orang yang sudah bergereja, tetapi jika tidak menyadari kehidupannya semata-mata asalnya dari Tuhan. Kekayaan itu sebaliknya membuat semakin dekat

3. Senantiasa mau berbagi

Orang yang menahan hak orang miskin. Orang kaya yang jahat itu hanya memikirkan diri sendiri, tidak ingat ada orang miskin yang memerlukan bantuan.

Orang yang hidup di dalam Kasih menyenangkan Tuhan.

4. Orang kaya mau senantiasa berjalan dalam Kasih Kristus

Tuhan Memberikan kekayaan, Ia mau memberkati dengan apa yang kita miliki. Hatinya tidak egois dan serakah. Orang yang seperti ini menyenangkan hati Tuhan.

Amin

0 comments:

Posting Komentar