21 Oktober 2023

21 Oktober 2023



Orang Benar 

  • Pertanyaan menarik: "Singa karena makan daging maka jadi buas, atau karena ia binatang buas, makanya ia makan daging?"
  • Jelas karena ia binatang buas, ia makan daging. Meskipun ia makan sayur dan yang bukan daging, singa itu tetap binatang buas.
  • Kita ini juga bisa bertanya seperti itu, "Karena kita ini orang berdosa, makanya kita berbuat dosa". Selama kita ini tidak ditebus oleh Kristus Yesus, yaitu kita diubah menjadi ciptaan baru, yaitu tubuh surgawi, makanya kita tetap akan berbuat dosa terus. Sejak kita diselamatkan Kristus - karena anugerah Allah - kita berubah menjadi orang yang ingin menjalankan kehendak Allah. 


Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 
"Orang Benar"

  • Jika kita berdoa kita adalah orang berdosa, maka kita menghina Karya Keselamatan Kristus di Kayu Salib. 
  • Perkataan yang benar, adalah orang yang menyadari tadinya kita berdosa yang sudah ditebus Kristus, sekarang kita mungkin masih berdosa, tetapi bukan orang berdosa.

1 Petrus 3:8-12

Kasih dan damai

3:8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, 3:9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: 3:10 "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. 3:11 Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya. 3:12 Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat." 

Tujuan Kristus menebus kita, agar kita diubah dari Orang berdosa menjadi Orang Benar yang kudus dan terus menjadi Sempurna agar dapat menjadi Mempelai Anak Domba yang Tidak bercacat cela.
 
Akan tetapi Bagaimana mungkin? Kita mungkin merasa bahwa masih jauh dari itu  

Sadarilah kita tidak berjuang dengan kekuatan kita sendiri:

1. Kita berjalan dengan kuasa Roh Kudus

  • Waktu kita tidak sanggup, Roh Kudus menguatkan kita. Kita diingatkan lagi akan firman Tuhan. Roh Kudus juga mengajar kita. Ia mengajar kepada kehendak Allah. Asalkan kita harus mau diajar. Roh Kudus juga Roh yang menuntun kita. Kita dituntun dalam kesabaran, diberi kemenangan. 

2. Jika kita hidup dalam Firman Tuhan

  • Firman Mu adalah Pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Kita akan diingatkan untuk terus hidup dalam Firman Tuhan. Rajin bersekutu dan berdoa.

3. Melekat di dalam Kristus

  • Mintalah apa saja dari Tuhan, jika kita melekat kepada Kristus. Permintaan kita adalah untuk hidup dalam kebenaran.

4. Menerima Pengampunan Kristus

  • Kejatuhan di dalam dosa, kita tidak menikmati dosa itu, karena kita sadar bahwa dosa itu sangat menjijikkan. Kristus akan menyucikan kita lagi dengan darah-Nya.

Amin

0 comments:

Posting Komentar