22 Oktober 2023

22 Oktober 2023 


MEMILIKI KOMITMEN KEPADA ALLAH

Kejadian 6:1-3

Kejahatan manusia

6:1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan, 6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka. 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

Tuhan memberi waktu bagi orang-orang di zaman Nuh, selama 120 tahun, untuk mereka bertobat. Nuh membangun Bahtera yang sangat besar itu, di atas Gunung yang suhunya sangat dingin. Semua pikiran dan uangnya hanya difokuskan untuk membangun Bahtera itu. Kemungkinan besar ia mengalami ejekan dari orang banyak. Orang biasa membangun Bahtera di tepi laut, tepi sungai atau danau. Akan tetapi Nuh tidak bersungut-sungut, ia mengenal Allah yang tidak pernah mengecewakannya. Ia serius dengan bersungguh-sungguh membangun Bahtera itu. 

Dalam refleksinya, kita sekarang juga diminta Tuhan membangun Bahtera kehidupan kita. Segala kesenangan dunia harus kita lawan dengan komitmen. 

Apa yang menjadi kekuatan Nuh sehingga ia bisa bertahan hingga akhirnya:

1. Nuh menjalankan ajaran takut akan Tuhan dari orangtuanya

  • Nuh adalah cucu buyuh dari Henokh, orang Saleh yang tidak mengalami kematian, melainkan diangkat Tuhan. Nuh kemungkinan besar diajar takut akan Tuhan.

2. Nuh punya komitmen yang teguh

  • Nuh punya keteguhan iman yang patut diacungi jempol. Ia konsisten membangun Bahtera sepanjang 120 tahun. Ia hidup tidak bercacat cela.
  • Bagaimana hubungan kita dengan Tuhan? Apakah penuh penyembahan? Ingatlah di zaman ini, kita banyak melihat orang yang tidak mau tunduk pada Penggembalaan di Gereja. Orang senang berbakti di Gereja yang tidak punya ikatan. Padahal Tuhan sangat menginginkan Komitmen kita mengikut Tuhan dengan kesetiaan dan komitmen yang teguh.

Jangan jadi orang Kristen yang bercela. Kudus kan hati kita dan datanglah kepada Tuhan minta ampun. Milikilah komitmen mengiring Tuhan sepanjang hidup kita.

Yesus akan datang segera. Ia akan menjemput mempelainya yang setia.

AMIN


0 comments:

Posting Komentar