08 Oktober 2023

08 Oktober 2023



Komitmen untuk mengiring Tuhan 

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 315

Kejadian 6:1-13

Kejahatan manusia

6:1 Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan, 6:2 maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka. 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

Roh Tuhan tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia. Umur manusia dibatasi maksimal 120 tahun. Jadi kalau ada yang hidup lebih, artinya orang itu diberi kesempatan bertobat.

Nuh membangun Bahtera yang besar itu di atas gunung. Biasanya Galangan Kapal itu di tepi laut atau sungai, sedangkan ini di atas gunung. Nuh membangun di Irak, sedangkan berlabuh di Turki.

Berapa lama Nuh membangun Bahtera itu? 120 tahun!! Waktu yang sangat lama membangun di atas gunung. Gunung itu dinginnya ekstrim dan sekian lamanya ia melakukan sesuatu yang tidak lazim, membangun Bahtera di atas gunung. Bisa jadi Nuh disangka orang yang terganggu pikirannya. Mungkin juga ia diejek dan mengalami tekanan ekonomi untuk membangun Bahtera itu. Nuh tidak pernah bersungut-sungut. Ia tetap mengerjakan pekerjaannya itu dengan tekun dan setia.

Pada zaman sekarang orang banyak yang tidak setia dan kuat mental. Baru menghadapi masalah saja sudah menyerah dan meninggalkan Tuhan. Orang banyak yang tidak punya komitmen terhadap Tuhan.

Ingatlah waktunya sudah semakin dekat, sebentar lagi Tuhan datang sebagai Raja di atas segala raja.

Jadi, apa yang membuat Nuh mempunyai kekuatan mental sehingga bertahan:

1. Ia dididik takut akan Tuhan

Kejadian 5:28-29

5:28 Setelah Lamekh hidup seratus delapan puluh dua tahun, ia memperanakkan seorang anak laki-laki, 5:29 dan memberi nama Nuh kepadanya, katanya: "Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN. "

Nuh adalah cucu dari Henokh, orang yang takut akan Allah dan akhir hidupnya di bumi ini diangkat Tuhan tanpa kematian. 

Anak kita harus kita kenalkan dengan Tuhan. Selama masih bisa, anak kita harus diajar sesuai dengan kehendak Allah.

2. Nuh punya komitmen kepada Tuhan

Kejadian 6:9

Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah. 

Kita harus jadi orang yang tidak bercacat cela seperti Nuh. Milikilah komitmen untuk setia dan taat kepada Allah. Jangan menyimpang ke kiri ataupun ke kanan dari Firman Tuhan, maka Ia akan mengangkat kita menjadi kepala tidak pernah menjadi ekor, selalu naik dan tidak pernah turun.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar