25 Oktober 2023

25 Oktober 2023



Hidup Kristen Bersukacita

Mungkin kita sedang berdukacita, sedang dalam masalah, dalam persoalan, bertengkar dengan pasangan, ekonomi sulit dsb, menyebabkan kita sulit untuk bisa bersukacita. banyak orang yang menyangka sukacita itu datangnya dari kondisi dan pengaruh luar. Sukacita itu adalah keputusan kita sendiri. Jika kita menunggu keadaan yang menyebabkan sukacita datang, maka hidup ini akan sulit. 

Alasan sukacita kita jangan dari dunia ini, sukacita kita ada Yesus yang menyertai kita, yang sudah menebus kita, yang selalu memberi solusi pada saat kita punya masalah. Itulah sumber sukacita kita yang kekal.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program ke 
"Sukacita Kita"

Semakin kita melihat segala sesuatu dari sisi negatifnya, semakin semuanya tidak menyenangkan. Akan tetapi jika kita paksa diri kita melihat

1 Petrus 1:3-5

Pengharapan, iman dan kasih

1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, 1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu. 1:5 Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

Dalam segala hal kita bisa bersukacita, dasarnya:

1. Kita telah dilahirkan kembali

  • Ay.3 -  Karena Rahmat Tuhan yang besar, Tuhan Yesus telah melahirkan kita kembali.
  • Tadinya kita dilahirkan dari Benih yang fana, tetapi setelah menerima Yesus, kita dilahirkan kembali dalam benih Surgawi yang kekal dan selamanya. Kita bukan berarti sekedar warga dunia. Kita ini adalah warga Surga yang ditempatkan Tuhan berada di dunia, membagikan berita baik ini bagi dunia.
  • Kita akan dijaga dan dipelihara oleh Allah. Itulah dasar sukacita kita.

2. Kita telah menerima bagian yang tidak dapat binasa

  • Ay.4 Segala sesuatu yang di dunia ini sifatnya sementara. Semua mengecewakan kita di dunia ini, tetapi kita bisa keluar dari kekecewaan itu, jika kita menyadari bahwa kita sudah terima bagian Surgawi yang tidak bisa binasa.
  • Seseorang yang naik pangkat, senang di awalnya menyenangkan, tetapi lama kelamaan difitnah dan akhirnya kita menjadi kecewa.
  • Seorang ayah yang senang punya anak, tetapi waktu remaja, anak itu selalu membuat aku marah dan kecewa. 

3. Segala yang dipersiapkan bagi kita, dipersiapkan dari Surga

  • Ay. 4 Yang tersimpan di Surga bagi kamu. 
  • Segala sesuatu yang kita punya ini, dipersiapkan Tuhan Yesus dari Surga. Kita ini punya segala kesenangan yang asalnya dari Surga. Masakan kita punya kesenangan dari dunia ini? 

4. Kita dipelihara oleh kekuatan Allah

  • Ay.35 Kamu yang dipelihara dalam kekuatan Allah.... 
  • Masalah, persoalan, tanggung jawab mungkin berat, tetapi Kristus memikul semua beban kita, karena kita dipelihara dan selalu dibukakan jalan di depan kita. 

Sukacita kita adalah sukacita dari Surga, bukan dari dunia. 

Amin.

0 comments:

Posting Komentar