04 Oktober 2023

04 Oktober 2023



DAMAI SEJAHTERA SURGAWI

Pdt.Gilbert tersenyum suatu ketika mendengar pertanyaan kuis di TV: Apakah yang paling mahal di dunia ini? Jawaban peserta: emas, berlian, dsb. 

Tetapi yang paling mahal: DAMAI SEJAHTERA

Pulau, pesawat, gedung semua yang termahal di dunia ini tetap bisa dibeli orang, tetapi Damai Sejahtera tidak bisa dibeli. Ada orang yang kaya raya, namun keluarganya selalu ribut, ayahnya selingkuh, ibunya tidak bisa tidur, buat apa kekayaannya? Hanya bisa untuk beli obat tidur yang merusak tubuh, ada pula yang mencari damai ke Dugem, Karaoke, Perdukunan, Perjudian dsb. Semua kekayaannya sia-sia.

Tuhan Yesus memberi kedamaian yang bukan dunia berikan. Dunia memberikan damai yang terpengaruh lingkungan dan kondisi. Damai Tuhan Yesus di tengah lembah kekelaman pun, kita bisa berolehnya. Apapun yang terjadi, kita tidak akan dikalahkan. 

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program ke 753

1 Tesalonika 1:1

Dari Paulus, Silwanus dan Timotius kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang di dalam Allah Bapa dan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu.  

Ucapan Paulus adalah Penghiburan 3 ganda:

  1. Masa lalu- Mungkin kita gagal di masa lalu
  2. Saat ini - Sedang melayani dihiburkan
  3. Masa depan - Persiapan penantian Kristus, kita dihiburkan 

Paulus menuliskan surat ini di Athena tahun 50 M, sementara Jemaat di Tesalonika ini didirikan tahun 49 M, jemaat masih muda. 
Ada waktu Paulus menerima penglihatan untuk kemudian pergi ke Filipi. Tesalonika Barat daya 90Km.
Paulus memberikan Damai Sejahtera buat Jemaat di Tesalonika.

Damai Sejahtera menyertai Artinya: 

1. Selalu ada alasan untuk bersukacita

  • Setiap kita mengalami apapun dalam hidup ini, baik itu menyenangkan ataupun menyakitkan, Damai Sejahtera itu memberikan alasan kita untuk terus bersukacita. Damai Sejahtera itu memampukan kita tetap mendengar suara Tuhan yang menghiburkan kita.

2. Selalu berjalan di dalam Kristus

  • Jika kita ada di dalam Kristus, maka kita memiliki Damai Sejahtera. Akan tetapi jika kita keluar dari Kristus, maka Tuhan membiarkan kita hingga kita bertobat. Tetapi itu menyedihkan, karena iblis dengan bebas menyerang kita.

3. Tetap menjalani persoalan kehidupan dengan tetap menghadapinya

  • Roh yang ada di dalam kita lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia ini. Berjalanlah di belakang-Nya dan perolehlah kemenangan demi kemenangan. 

Timotius mengatakan masalah yang ada di Jemaat Tesalonika yang masih muda ini. Paulus memberikan kekuatan dalam iman.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar