01 Oktober 2023

01 Oktober 2023 



Apa yang menghancurkan Gereja?

Kalau melihat Bait Allah adalah tempat damai sejahtera dan indah. Apakah itu berlaku untuk semua orang?

Bait Allah tidak selamanya tempat damai sejahtera, agama lain melihat itu sebagai ancaman. Mereka ingin hidup dengan caranya sendiri, yaitu Allah itu adalah musuh mereka, tetapi tidak sadar.

Tuhan Yesus menubuatkan bahwa Bait Allah itu suatu hari akan dihancurkan rata dengan tanah. Bait Allah itu hancur, jika tidak ada lagi orang yang taat kepada Allah.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program ke 
"Apa yang dapat meruntuhkan Bait Allah?"

Bait Allah yang mana?

  1. Bait Allah secara fisik 
  2. Bait Allah secara rohani

Lukas 21:5-6

Bait Allah akan diruntuhkan

21:5 Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus: 21:6 "Apa yang kamu lihat di situ--akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan."

Orang-orang hanya mengagumi bangunan Bait Allah. Bangunan fisik itu mengagumkan orang banyak, bukan Allah yang mereka kagumi.

Bait Allah itu sudah diruntuhkan, secara bangunan hancur. Gereja juga banyak yang dihancurkan, tetapi Bait Allah rohani tidak akan pernah dihancurkan.

Hudson Taylor mengatakan, "Darah orang benar adalah benih pertumbuhan Gereja". Kerajaan Allah di bumi ini tidak akan mungkin dihancurkan oleh manusia, dengan cara itu. 

Akan tetapi ada hal yang bisa menghancurkan Gereja Tuhan, yaitu:

1. Perpecahan

  • Dari zaman Gereja mula-mula, orang Kristen sudah dikejar-kejar untuk dibunuh, tetapi mereka bersatu dan bersekutu didalam Kristus. Gereja tidak akan hancur jika jemaat itu bersatu.
  • Musuh dari dalam itulah yang akan menghancurkan Gereja.  Jika orang sudah tidak datang ke Gereja untuk mencari Tuhan. Mereka mencari kenikmatan saja. Sehingga mudah timbul perpecahan. Satu Gereja menjelekkan Gereja yang lainnya, sedangkan orang itu tidak lagi bersatu di dalam Tubuh Kristus.

2. Tidak menjalani perintah Tuhan

  • Setiap Gereja memang punya Program Kerja, apakah itu dari Tuhan? Atau dari kelompok jemaat tertentu yang berkuasa di Gereja? Gereja mulai tidak lagi disibukkan kegiatan yang bukan rohani. 

3. Pelayan Tuhan tapi hidupnya tidak kudus

  • Orang yang sudah melayani tetapi hidupnya tidak kudus. Orang yang melayani tapi selingkuh, mabuk, zinah, korupsi dsb. Waktu orang melayani dalam kenajisan, maka Gereja menuju kehancurannya. 

Roh Kudus harus tetap menjadi sentral dalam pelayanan kita. Sehingga Allah akan menjaga Gereja baik rohani dan fisik.

Kita jadikan Alkitab sebagai sumber kehidupan kita, maka kita akan melihat kuasa demi kuasa Allah.

Jalani Kehidupan dalam kekudusan, Karena itulah kita bisa dekat dengan Allah. 

Amin.

0 comments:

Posting Komentar