28 September 2023

28 September 2023



Tuhan Yesus adalah Mesias, dan jauh lebih tinggi dari Daud

Matius 22:42-45

22:42 "Apakah pendapatmu tentang Mesias? Anak siapakah Dia?" Kata mereka kepada-Nya: "Anak Daud." 22:43 Kata-Nya kepada mereka: "Jika demikian, bagaimanakah Daud oleh pimpinan Roh dapat menyebut Dia Tuannya, ketika ia berkata: 22:44 Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. 22:45 Jadi jika Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"

Dunia ini menawarkan berbagai tawaran yang membuat kita jadi tidak bisa bertahan dalam kebenaran. Ingatlah, jadikan Yesus selalu Tuhan dan Raja dalam kehidupan kita.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 

Program ke 

"Yesus dan Daud"

Matius menggambarkan dari sudut Kerajaan, yesus adalah raja dari sisi keturunan Daud. dari sisi kerohanian, Yesus Anak abraham.

Tuhan Yesus disebut Daud sebagai tuan, bgmana mungkin bisa Daud lebih tinggi dari Yesus. Tuhan Yesus mau menjelaskan kepada orang-orang di situ, bahwa Mesias yang mereka tunggu-tunggu itu, bahwa Yesus adalah Mesias yang kedudukannya lebih tinggi daripada Daud. Tujuan Mesias di muka bumi adalah untuk membebaskan segala orang yang terikat dan terbelenggu. Ia adalah pembebas.

Mesias lahir dari keturunan Daud, namun keberadaan-Nya sebagai manusia yang menjelma menjadi manusia, lebih besar daripada Daud.

Mengapa Yesus lebih tinggi daripada Daud:

1. Kerajaan Yesus bukan dari dunia ini dan sifatnya kekal

  • Orang Yahudi menantikan Mesias yang akan membebaskan mereka dari penjajah Romawi. Apa yang dilihat orang Yahudi adalah pikiran duniawi, sementara Tuhan Yesus mempunyai misi rohani yang jauh lebih tinggi.
  • Kerajaan Tuhan Yesus asalnya dari Surga, Ia hidup kekal. Sementara Daud hanya sementara saja di dunia ini. Kerajaannya di bumi ini, sehingga jika dunia ini hancur, maka ia juga akan hancur.
2. Yesus tidak bisa dikalahkan oleh siapapun juga di dunia ini
  • Daud seringkali berada dalam posisi terjepit, kalah perang, dikejar anaknya, dikejar Saul dsb. Akan tetapi Mesias tidak bisa ditaklukkan oleh siapapun.
3. Yesus melindungi setiap orang yang berlindung di dalam-Nya
  • Daud bertanggung-jawab melindungi semua rakyatnya. Akan tetapi apakah tidak ada kelaparan selama ia menjadi raja? 
  • Kristus memimpin semua orang yang berlindung pada-Nya, tidak ada satupun yang kekurangan. semua dilindungi dan dicukupi.
Amin.

0 comments:

Posting Komentar