29 September 2023

29 September 2023



Tuhan berkuasa menentukan segalanya

Tuhan Yesus Allah kita:

1. Allah kita berkuasa menentukan segalanya

  • Ia adalah Raja Daud di atas segala raja di Bumi dan di Surga. 

  • Hidup Kristen tidak perlukhawatir, karena Ia menentukan hidup mati orang. Kematian adalah kehendak dan pengaturan Tuhan. 

  • Kedukaan dalam keluarga tidak perlu saling menyalahkan. Itu semuanya adalah kehendak Allah. Hidup dan mati seseorang ada di tangan Tuhan. Allah berkuasa menentukan segalanya.

2. Allah berkuasa menentukan segala kemenangan dan berkat

  • Meskipun kita merasa lemah, namun jika kita berjalan di dalam kehendak-Nya, kemenangan pasti ada di dalam Tuhan.  

3. Allah berkuasa menentukan keselamatan dan penghukuman seseorang

  • Tidak ada seorangpun yang sampai kepada Allah Bapa, jika tidak melalui Tuhan Yesus Kristus.

4. Allah berkuasa atas naik dan turunnya seseorang

  • Jika kita meninggikan diri maka akan direndahkan. Jika kita merendahkan diri, Allah akan meninggikan kita.


Hari ini harinya Tuhan bag ke-8
Program ke 
"Tuhan menentukan" 

II Samuel 7:8-17

7:8 Oleh sebab itu, beginilah kaukatakan kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Akulah yang mengambil engkau dari padang, ketika menggiring kambing domba, untuk menjadi raja atas umat-Ku Israel. 7:9 Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani dan telah melenyapkan segala musuhmu dari depanmu. Aku membuat besar namamu seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi. 7:10 Aku menentukan tempat bagi umat-Ku Israel dan menanamkannya, sehingga ia dapat diam di tempatnya sendiri dengan tidak lagi dikejutkan dan tidak pula ditindas oleh orang-orang lalim seperti dahulu, 7:11 sejak Aku mengangkat hakim-hakim atas umat-Ku Israel. Aku mengaruniakan keamanan kepadamu dari pada semua musuhmu. Juga diberitahukan TUHAN kepadamu: TUHAN akan memberikan keturunan kepadamu. 7:12 Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. 7:13 Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya. 7:14 Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia. 7:15 Tetapi kasih setia-Ku tidak akan hilang dari padanya, seperti yang Kuhilangkan dari pada Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu. 7:16 Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya." 7:17 Tepat seperti perkataan ini dan tepat seperti penglihatan ini Natan berbicara kepada Daud. 

Allah berkuasa menentukan segala sesuatu:

1. Tergantung kuasa dan kedaulatan-Nya yang mutlak

  • Allah bertindak bukan karena kita, tetapi Ia bertindak secara berdaulat dan keputusannya adalah tegas.

2. Tergantung pada Kesungguhan dan ketulusan kita

  • Allah sangat mudah mengerjakan mukjizat, akan tetapi Ia menantikan kesungguhan dan ketulusan kita.

3. Tergantung pada Kelembutan dan kerelaan hati kita

  • Allah mau kita mendengarkan suara Tuhan, jangan keraskan hati kita. Lemah lembut dan kerelaan kunci Allah mendengarkan kita.

4. Tergantung pada Pertobatan dan ketaatan kita

  • Tuhan tidak bisa berbuat apa-apa sampai kita bertobat dan berbalik dari segala kejahatan dan dosa kita. Waktu kita bertobat, kita akan Dipulihkan dan taat kepada Allah. Jika selanjutnya kita tidak menyimpang dari firman-Nya, maka kita akan selalu naik tidak pernah turun, selalu naik, tidak pernah turun.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar