22 September 2023

22 September 2023




Takut akan Tuhan

Takut akan Tuhan itu pengakuan orang lain kepada kita, bukan kita nya yang pamer-pamerkan. Itu adalah kualitas hidup.

Takut akan Tuhan itu wujudnya:

1. Rendah hati

  • Orang yang mengatakan dirinya takut akan Tuhan malah seringkali wujud dari sombong. Ada juga orang yang menyombongkan diri bahwa ia rendah hati, ini parah.
2. Tidak pernah berkata negatif
  • Orang takut akan Tuhan selalu bersyukur, tidak pernah complain.
3. Selalu mengampuni orang lain
  • Kita hidup di dalam pengampunan Tuhan
4. Kita hidup di dalam Kasih Tuhan
  • Wujud dari orang yang takut akan Tuhan adalah hidup di dalam Kasih Tuhan, yaitu tidak mengharapkan pertolongan siapapun selain Allah.
Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 
"Takut akan Tuhan"
 
Kejadian 42:18-28

42:18 Pada hari yang ketiga berkatalah Yusuf kepada mereka: "Buatlah begini, maka kamu akan tetap hidup, aku takut akan Allah. 42:19 Jika kamu orang jujur, biarkanlah dari kamu bersaudara tinggal seorang terkurung dalam rumah tahanan, tetapi pergilah kamu, bawalah gandum untuk meredakan lapar seisi rumahmu. 42:20 Tetapi saudaramu yang bungsu itu haruslah kamu bawa kepadaku, supaya perkataanmu itu ternyata benar dan kamu jangan mati." Demikianlah diperbuat mereka. 42:21 Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Betul-betullah kita menanggung akibat dosa kita terhadap adik kita itu: bukankah kita melihat bagaimana sesak hatinya, ketika ia memohon belas kasihan kepada kita, tetapi kita tidak mendengarkan permohonannya. Itulah sebabnya kesesakan ini menimpa kita." 42:22 Lalu Ruben menjawab mereka: "Bukankah dahulu kukatakan kepadamu: Janganlah kamu berbuat dosa terhadap anak itu! Tetapi kamu tidak mendengarkan perkataanku. Sekarang darahnya dituntut dari pada kita." 42:23 Tetapi mereka tidak tahu, bahwa Yusuf mengerti perkataan mereka, sebab mereka memakai seorang juru bahasa. 42:24 Maka Yusuf mengundurkan diri dari mereka, lalu menangis. Kemudian ia kembali kepada mereka dan berkata-kata dengan mereka; ia mengambil Simeon dari antara mereka; lalu disuruh belenggu di depan mata mereka. 42:25 Sesudah itu Yusuf memerintahkan, bahwa tempat gandum mereka akan diisi dengan gandum dan bahwa uang mereka masing-masing akan dikembalikan ke dalam karungnya, serta bekal mereka di jalan akan diberikan kepada mereka. Demikianlah dilakukan orang kepada mereka itu. 42:26 Sesudah itu merekapun memuat gandum itu ke atas keledai mereka, lalu berangkat dari situ. 42:27 Ketika seorang membuka karungnya untuk memberi makan keledainya di tempat bermalam, dilihatnyalah uangnya ada di dalam mulut karungnya. 42:28 Katanya kepada saudara-saudaranya: "Uangku dikembalikan; lihat, ada dalam karungku!" Lalu hati mereka menjadi tawar dan mereka berpandang-pandangan dengan gemetar serta berkata: "Apakah juga yang diperbuat Allah terhadap kita!"

  • Yusuf hidup takut akan Allah, hingga Allah mengaruniakan kedudukan yang paling tinggi di negeri orang kafir. Yusuf tidak menjadi lupa diri. Ia tetap hidup takut akan Tuhan, sekalipun ia sudah menjadi orang yang luar biasa berkuasa. Inilah wujud orang yang takut akan Tuhan.

Bagaimana seseorang bisa takut akan Tuhan:

1. Pendidikan takut akan Tuhan dari keluarga

  • Dididik dalam lingkungan dan keluarga yang takut akan Tuhan juga
2. Memiliki pengalaman pribadi dengan Tuhan
  • Kita bisa belajar akan kebaikan Tuhan dalam keseharian kita. Dalam aktivitas itu kita akan memiliki pengalaman kedahsyatan Tuhan, yang bisa membuat rasa takut akan Tuhan bertumbuh.
3. Terdidik di dalam Gereja
  • Seseorang akan terdidik did dalam Gereja dimulai dari jemaat biasa, mulai melayani dan bertumbuh menjadi hamba Tuhan di dalam Gereja
4. Dekat dengan hal-hal rohani
  • Orang yang hidup dalam lingkungan rohani, akan mudah merasakan kebaikan Tuhan dalam kesehariannya, otomatis ia akan Takut akan Tuhan.
Amin.

0 comments:

Posting Komentar