13 September 2023

13 September 2023



Orang Munafik

Satu sifat manusia yang dibenci adalah kemunafikan. Tidak satupun yang senang pada orang munafik. Kita tidak sadar ternyata kita sendiri ini juga munafik. Kita ini seperti kuburan yang luarnya dicat putih, tetapi di dalamnya tulang belulang. Sadari apakah kita ini munafik atau tidak.
Dunia semakin keras dan berbahaya, jika kita berjalan sendiri tanpa Tuhan.

Kemunafikan jarang dijumpai di Penjara, tempat judi, prostitusi, tetapi banyak terjadi di Gereja. Di Penjara itu memang kumpulan Penjahat, tidak perlu ia munafik, apa adanya saja. Tetapi di Gereja orang mengatakan, "Shaloom", tetapi hatinya busuk dan dendam. 

Lukas 20:45-47

Yesus menasihatkan supaya waspada terhadap ahli-ahli Taurat
20:45 Ketika semua orang banyak mendengarkan, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: 20:46 "Waspadalah terhadap ahli-ahli Taurat yang suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar, yang suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan di tempat terhormat dalam perjamuan, 20:47 yang menelan rumah janda-janda dan yang mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Mereka itu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat." 

Banyak orang seperti itu, orang yang munafik, berkedok orang yang terhormat, padahal ia jahat.

Pelajaran tentang orang Munafik:

1. Mencari penghormatan dari manusia
  • Latar belakang orang yang berbuat baik, tapi dengan tujuan yang salah, yaitu ingin dihormati. Allah tidak akan memberkati orang yang memberi orang lain, tetapi ingin mencari penghormatan. Kalau tujuannya supaya orang lain lihat dan senang, maka kita munafik. Orang munafik, tidak pernah ia sadar bahwa ia munafik.
  • Intinya munafik, adalah orang yang melakukan sesuatu, tidak dari dasar hatinya yang paling dalam. Cirinya: Orang itu tersinggung, jika melakukan sesuatu tetapi tidak mendapat terimakasih atau apresiasi dalam bentuk apapun.
  • Ketulusan adalah orang yang menolong orang, tujuannya demi kebaikan orang lain yang ditolong itu.
2. Bersembunyi di balik jubah-jubah keagamaan
  • Orang munafik biasanya pakai kalung salib, ada sticker rohani di mobil, ke mana-mana bawa alkitab, tetapi di dalam hatinya penuh dendam, perbuatannya zinah, perkataannya kasar dan kotor. Ia menutupi kebusukan hidupnya, dengan Cover yang indah.
3. Orang munafik pasti dihukum berat oleh Tuhan
  • Jadi hari ini, jika kita sadar bahwa kita ini munafik, maka bertobatlah!! Mengapa harus bertobat? Karena di Surga tidak ada tempat buat orang munafik. 
  • Orang yang tulus dan hatinya hancur, mengatakan aku berdosa, tetapi saya mau perbaiki semuanya, saya mau bersih kudus dan hidup dengan ketulusan.
Amin.

0 comments:

Posting Komentar