28 September 2023

28 September 2023




Mukjizat itu Nyata Ep ke-222 RPK FM 

Orang kaya bisa masuk Surga


Lukas 16:19-25

Orang kaya dan Lazarus yang miskin
16:19 "Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan. 16:20 Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, 16:21 dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya. 16:22 Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. 16:23 Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. 16:24 Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. 16:25 Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita.

Lazarus miskin dan tidak berdaya. Ia hanya bergantung pada orang kaya itu. 
Yesus berkata, "...Lazarus berada di pangkuan Abraham". Jadi nyata bahwa orang kaya bukannya tidak bisa masuk Surga. Abraham itu sangat kaya raya. Jadi kuncinya ada di hati kita. Miliki harta, mobil, Uang dsb itu semua asalnya dari Tuhan. Sadari itu semuanya.  Di hadapan TUHAN kita tidak punya apa-apa.
Apa yang menjadi kebanggaan orang kaya itu? Siapa nama orang kaya itu? Mengapa orang kaya itu tidak disebut namanya? 
Maksudnya adalah tokoh orang kaya itu mewakili orang yang bodoh.

Apa yang membuat orang kaya itu masuk neraka:

1. Selama hidupnya tidak mengumpulkan harta di Surga

Lukas 16:19
Kumpulkan harta kita di Surga, ngengat dan karat tidak ada di sana.
Orang kaya itu tidak mempergunakan hartanya untuk menolong orang yang tidak beruntung. Ia membiarkan Lazarus sakit dan mati. ini kejam.
Ikatlah persahabatan dengan mamon. Gunakan uang kita untuk melayani Tuhan. Uang itu tidak memberi kehidupan, tapi pemberian kita untuk orang yang miskin bisa jadi pendorong kita.

2. Hidupnya tidak benar
Hidupnya tidak benar dan tidak berbelas kasihan.

3. Menjadikan uang itu sebagai tuan
Orang kaya masuk neraka, karena selama hidupnya tuannya adalah uang. Ia Bersukacita karena kaya dan banyak uang. Ini kebodohan. Kekayaan yang sejati ada di dalam Tuhan.

Amin 

0 comments:

Posting Komentar