05 September 2023

05 September 2023



Mesias adalah Anak Daud

Tuhan Yesus disebut dengan Anak Abraham, juga Anak Daud.
  • Anak Abraham = Berhak atas janji Allah. 
  • Anak Daud = Kunci janji Allah Kerajaan bagi setiap orang percaya. Allah yang sama dengan manusia, agar beroleh Keselamatan kekal.
Markus 10:47

Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!"

Ada Kisah Bartimeus yang buta, berteriak Nama Yesus Anak Daud, ia begitu percaya, walaupun tidak melihat, tetapi ia mengerti Yesus yang sedang lewat di depannya itu mendatangkan keselamatan bagi setiap Orang Percaya pada-Nya. Orang banyak di situ marah, ia bukan Mesias, ia hanya orang biasa saja. 
Tuhan Yesus menunjukkan keillahian-Nya.

Lukas 20:41-44

Hubungan antara Yesus dan Daud

20:41 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Bagaimana orang dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah Anak Daud? 20:42 Sebab Daud sendiri berkata dalam kitab Mazmur: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, 20:43 sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu. 20:44 Jadi Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" 

  • Tuhan Yesus disebut anak Daud, karena Daud adalah raja yang membawa umat Israel mengalami kemenangan. Yesus juga membawa kemenangan. 

Akan tetapi dalam ayat di atas Tuhan Yesus menolak sebagai anak Daud:

1. Bukan Daud yang menyelamatkan

  • Yesus Anak Daud dianggap bahwa Daud lebih besar daripada Mesias. Itu keliru. Tuhan Yesus mau meluruskan, sebutan Anak Daud artinya Mesias juga membebaskan dari penjajahan, tetapi Mesias jauh lebih besar daripada Daud. Daud hanya seorang Nabi pilihan Tuhan, tetapi tidak bisa menebus dosa umat manusia.

2. Mesias harus menerima penghormatan lebih besar daripada Daud

  • Ay.43 sampai Kubuat musuh mu menjadi tumpuan kakimu 
  • Mesias harus menerima penghormatan lebih daripada Daud. Daud membebaskan hanya dalam kurun waktu tertentu saja. Mesias menyelamatkan Selama-lamanya.

3. Mesias memberi kemenangan yang sempurna

  • Musuh tidak punya kuasa lagi sewaktu Mesias itu menang daripada Maut. Daud betul sudah menang daripada Goliath yang Raksasa dahsyat. Tetapi Mesias kita yaitu Yesus Kristus, adalah pemenang daripada kematian yang kekal. Kemenangan yang sempurna Ia sediakan bagi kita.
  • Keputusan terbesar dalam hidup kita, adalah waktu kita percaya dan serahkan hidup kita pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita.
  • Lepaskan kita dari Dosa yang mengikat kita. Kita sudah dibebaskan sehingga jalan kita penuh kemenangan demi kemenangan. Kita tidak boleh lagi dipermainkan iblis.

Amin






0 comments:

Posting Komentar