30 September 2023

30 September 2023 



Kejujuran

Kejujuran sesuatu yang semakin langka. Banyak orang pandai tapi curang. Rumah Tangga rapuh, Yayasan Kristen, pelayanan Gereja, persahabatan,  rapuh karena tidak mudah menjadi orang jujur. Ini sudah dinubuatkan: semakin banyak orang yang berkhianat.

Mengapa kita harus buang dusta dan kecurangan? 

1. Orang yang curang dan tidak jujur, jauh dari berkat Tuhan

  • Hiduplah dalam kejujuran, maka Allah akan memberkati. 
  • Sebaliknya orang yang tidak jujur mungkin akan kaya, tetapi akhirnya akan hancur.

2. Orang yang tidak jujur Mudah jatuh

  • Jika awalnya curang, akhirnya ia akan kecewa. Sebaliknya orang jujur dijaga Tuhan.

3. Orang dusta dan curang, selalu jadi batu sandungan

  • Mungkin saja seseorang yang hatinya curang itu adalah hamba Tuhan pelayanan aktif, tetapi tidak akan bisa menjadi berkat buat orang lain, malahan menjadi batu sandungan. Ia mempermalukan Nama Tuhan.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program ke 
"Orang Jujur"

Di dalam dunia ini orang jujur selalu dianggap orang yang bodoh dan tidak bisa bergaul.

Kejadian 42:29-34

42:29 Ketika mereka sampai kepada Yakub, ayah mereka, di tanah Kanaan, mereka menceritakan segala sesuatu yang dialaminya, katanya: 42:30 "Orang itu, yakni yang menjadi tuan atas negeri itu, telah menegor kami dengan membentak dan memperlakukan kami sebagai pengintai negeri itu. 42:31 Tetapi kata kami kepadanya: Kami orang jujur, kami bukan pengintai. 42:32 Kami dua belas orang bersaudara, anak-anak ayah kami; seorang sudah tidak ada lagi, dan yang bungsu ada sekarang pada ayah kami, di tanah Kanaan. 42:33 Lalu kata orang itu, yakni yang menjadi tuan atas negeri itu, kepada kami: Dari hal ini aku akan tahu, apakah kamu orang jujur: dari kamu bersaudara haruslah kamu tinggalkan seorang padaku; kemudian bawalah gandum untuk meredakan lapar seisi rumahmu dan pergilah; 42:34 lalu bawalah kepadaku saudaramu yang bungsu itu, maka aku akan tahu, bahwa kamu bukan pengintai, tetapi orang jujur; dan aku akan mengembalikan saudaramu itu kepadamu, dan bolehlah kamu menjalani negeri ini dengan bebas." 

  • Orang dusta dan curang itu ujungnya akan dipermalukan. Ia akan direndahkan Tuhan. Tuhan mau kita hidup benar dan kejujuran, itu akan meninggikan derajat kehidupan.

Hal besar yang dialami orang Jujur yang hidup benar di hadapan Allah: 

1. Disukai dan diberkati

  • Orang jujur itu diberkati orang banyak. Sebaliknya mungkin waktu belum ketahuan, ia dihormati, tetapi sewaktu semua sudah terbuka, maka ia dihujat dan ditinggalkan. Banyak orang yang perkataannya rekayasa, bahkan di kalangan hamba Tuhan.

2. Hidupnya dipercaya

  • Orang jujur akan dipercaya banyak orang. Sebaliknya curang akan membuat orang menjauhi kita. Percaya itu bukan permohonan, "tolong percayai saya...". Percaya 

3. Akan ada selalu kemenangan dan keberhasilan buat orang jujur

  • Allah berpihak pada orang jujur dan hidup benar, maka dari itu selalu akan ada kemenangan dan keberhasilan buat orang jujur, di mana pun ia berada, apapun yang ia lakukan.

4. Orang jujur selalu menenteramkan dan mendamaikan

  • Setiap orang yang tidak jujur akan menimbulkan fitnah dan kedengkian, iblis lah yang menjadi bapanya. Jika kita berbalik dari jalan yang jahat dan kembali menjadi orang yang jujur, maka Allah akan memberikan Damai sejahtera ke mana pun ia pergi.

Amin

0 comments:

Posting Komentar