16 September 2023

16 September 2023



Hukum yang terutama

Mzm 119:105 Dalam Firman Tuhan kita punya jalan yang diterangi dan kita akan diberi kemenangan dalam Kasih Tuhan.

Banyak orang malas baca Alkitab, karena seringkali tidak bisa masuk akal dan menakutkan. Alkitab memerintahkan kita mengampuni dan memberkati orang yang menyiksa dan menjahati kita. Orang yang fitnah kita, harus kita berkati dan kita doakan. 

Markus 12:28-34

Hukum yang terutama

12:28 Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya: "Hukum manakah yang paling utama?" 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. 12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. 12:31 Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." 12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia. 12:33 Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan." 12:34 Yesus melihat, bagaimana bijaksananya jawab orang itu, dan Ia berkata kepadanya: "Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!" Dan seorangpun tidak berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.

Yesus melihat Ahli Taurat itu bijaksana, karena mengerti apa yang Ia katakan. 

Banyak orang yang menganggap perjalanan hidup orang Kristen itu tidak menarik. Tidak boleh ikut kehidupan malam. Tidak boleh membalas orang yang menjahati kita. Setiap Minggu harus ke Gereja. Harus patuh pada peraturan pemerintah, tidak boleh melanggar hukum.

Banyak orang tua salah mendidik anak, tidak sadar menerangkan tentang Allah dengan salah. Kanak-kanak diajarkan untuk takut akan Tuhan, yaitu tidak boleh ini tidak boleh itu, semua harus bangun hari Minggu pagi. Dikala orang tidur dan menikmati libur, kita malah harus pergi ke Gereja.

Berbuat Kasih dan Melakukan tindakan sosial, wajib kita lakukan sebagai umat Kristen. Itu sama dengan melakukannya untuk Tuhan. Tetapi kasih yang Tuhan Yesus ajarkan, adalah melakukan segala sesuatu didasarkan atas kasih. Kalau kita mengambil keputusan Yesus adalah Yang Utama, bukan karena terpaksa, atau karena peraturan, maka semuanya akan sia-sia. Mengasihi Yesus 

Hukum yang terutama bukan sekedar konsep, bukan hanya dipelajari dan disimpan, tetapi Hukum itu harus dilaksanakan dalam keseharian kita. Mengasihi Tuhan dan sesama harus menjadi lifestyle kita.

Hukum yang terutama harus dilaksanakan dengan sukacita dan tulus, bukan karena terpaksa. Kita sadar kebaikan Tuhan kepada kita sudah terlalu besar bagi kita. Kita mengasihi Tuhan Yesus Kristus sebagai ungkapan terimakasih dan syukur kita.

Amin.


0 comments:

Posting Komentar