01 September 2023

01 September 2023



Hari ini harinya Tuhan bag ke-4

Program ke-436

"Harus dididik"

Seri Khotbah Kitab para nabi Yesaya Yesaya Yehezkiel Yeremia

  • Barangsiapa yang kukasihi, ia kuhajar dan kutegur. Tidak boleh kita jadi orang Kristen yang maunya diberkati saja, kita harus juga dididik agar waktu diberkati tidak jadi sombong. Hidup kita harus semakin menyatakan kemuliaan Allah.
  • Daniel menulis bukunya abad ke-6 SM. Thema "Allah mengatur sejarah, mengatur segala bangsa".  Tahun 605 SM Daniel yang berumur 20an menjadi orang buangan di Babel. Selama 60 tahun di Babel. Tuhan adalah hakimku. Allah adalah Allah yang mengatur segala sesuatu di dalam dunia ini. Dunia coba menghantam kita dalam badai, oleh karena itu harus dididik dulu, supaya bisa bertahan.

Daniel 1:1-5

Di istana Babel

1:1 Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, ke Yerusalem, lalu mengepung kota itu. 1:2 Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, dan sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangannya. Semuanya itu dibawanya ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya; perkakas-perkakas itu dibawanya ke dalam perbendaharaan dewanya. 1:3 Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israel, yang berasal dari keturunan raja dan dari kaum bangsawan, 1:4 yakni orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja, supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim. 1:5 Dan raja menetapkan bagi mereka pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Mereka harus dididik selama tiga tahun, dan sesudah itu mereka harus bekerja pada raja .

Daniel dididik Allah dengan apa?

1. Menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan

  • Daniel diserang hingga difitnah dan dimasukkan ke Gua Singa. Allah adalah Allah yang setia menyelamatkannya.

2. Allah mendidik Daniel untuk tidak melihat hal yang terlihat dengan mata

  • Allah mendidiknya untuk memandang firman Tuhan dan hidup oleh iman. Pendidikan ini tidak mudah, tetapi membuat Daniel kuat. Ia sudah terima firman bahwa Allah akan menolongnya dikala menghadapi penderitaan, maka saatnya ia mewujudkan imannya sesuai firman yang didengarnya itu.

3. Allah mengizinkan Daniel memasuki peperangan demi peperangan

  • Kita Juga seperti Daniel, Allah mengizinkan kita dibully, difitnah, ditekan, dibuat dalam keadaan yang tidak enak.

4. Allah mendidik Daniel bergantung hanya kepada Allah saja bukan kepada manusia

  • Daniel dilupakan oleh orang yang ditolongnya, mungkin ia sempat berharap kepadanya. Allah tidak mau siapapun berharap selain kepada-Nya. Mari gantungkan lah harapan kita hanya kepada Allah yang benar. Allah yang hidup, penguasa Alam semesta.

5. Daniel diajar untuk melawan arus yang tidak benar

  • Daniel dididik Allah untuk berani menghadapi arus yang tidak benar dan jahat. 
  • Kita Juga harus berani menghadapi kondisi yang tidak menguntungkan bagi kita yaitu kondisi dan keadaan menyimpang dari Firman Allah.

Amin

0 comments:

Posting Komentar