10 September 2023

10 September 2023 



"Determined People"


  • Setiap orang seringkali sulit menjadi tegas. Kalah terhadap bujuk rayu iblis dan akhirnya jatuh ke dalam dosa dan pelanggaran.

Bagaimana bisa jadi orang yang tegas terhadap dosa:

1. Dekat dengan Tuhan dan Takut akan Tuhan

  • Ketika harus memilih, kita akan mengecewakan manusia, tetapi tidak melanggar larangan Allah. 

2. Memiliki Cinta Tuhan yang membara

  • Seseorang yang mengaku cinta Tuhan, wajib meninggalkan yang lainnya di dunia ini. Cinta Tuhan juga berarti rela berkorban dan tegas terhadap hal yang
3. Paham betul Kehendak Tuhan dalam hidup kita
  • Tidak menyimpang dari Kehendak Allah dalam hidup kita.
4. Untuk tidak berusaha menyenangkan hati semua orang
  • Mungkin kita terancam kehilangan teman, tetapi juga kita harus mengutamakan Kehendak Allah.
Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program Ke 
"Berketetapan Hati"

Memiliki hati yang tegas artinya punya ketetapan hati. Seseorang yang tegas, berani menerima risiko dari Ketegasan hatinya itu. Siap kehilangan apapun dalam hidupnya, demi tidak membuat Tuhan Kecewa.

Daniel 1:6-17

1:6 Di antara mereka itu ada juga beberapa orang Yehuda, yakni Daniel, Hananya, Misael dan Azarya. 1:7 Pemimpin pegawai istana itu memberi nama lain kepada mereka: Daniel dinamainya Beltsazar, Hananya dinamainya Sadrakh, Misael dinamainya Mesakh dan Azarya dinamainya Abednego. 1:8 Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya. 1:9 Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu; 1:10 tetapi berkatalah pemimpin pegawai istana itu kepada Daniel: "Aku takut, kalau-kalau tuanku raja, yang telah menetapkan makanan dan minumanmu, berpendapat bahwa kamu kelihatan kurang sehat dari pada orang-orang muda lain yang sebaya dengan kamu, sehingga karena kamu aku dianggap bersalah oleh raja." 1:11 Kemudian berkatalah Daniel kepada penjenang yang telah diangkat oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya: 1:12 "Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum; 1:13 sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu." 1:14 Didengarkannyalah permintaan mereka itu, lalu diadakanlah percobaan dengan mereka selama sepuluh hari. 1:15 Setelah lewat sepuluh hari, ternyata perawakan mereka lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda yang telah makan dari santapan raja. 1:16 Kemudian penjenang itu selalu mengambil makanan mereka dan anggur yang harus mereka minum, lalu memberikan sayur kepada mereka. 1:17 Kepada keempat orang muda itu Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi.

Daniel, Sadrakh Mesakh dan Abednego, orang-orang muda tetapi mempunyai keberanian dan Ketegasan yang luar biasa. Ia sangat tegas dengan makanan yang dimakannya.  

Apa Dampak Positif dari hidup tegas terhadap hal negatif:

1. Mereka memperoleh kasih dan sayang dari Pemimpin Pegawai Istana. 

  • Ay.9 Daniel Berketetapan Hati tidak menajiskan dirinya dengan makanan raja. Ia mempertaruhkan nyawanya. Akan tetapi Allah mengaruniakan kasih dan sayang dari Pemimpin Pegawai Istana. Jadi jika kita tegas dalam kebenaran, maka Tuhan bisa mengaruniakan pada kita kasih dan sayang dari orang lain.

2. Mereka mendapat pembelaan dari Tuhan

  • Ay.15 Mereka lebih gemuk makan sayur saja. Allah membela dengan memberikan tubuh yang sehat dan kuat padahal hanya makan sayur saja.

3. Mereka mendapat hikmat dan pengetahuan dari Allah

  • Ay.17 Mereka mendapatkan hikmat dan pengetahuan dari Allah, sehingga mereka tidak pernah turun tetapi terus naik.

4. Mereka mendapatkan kepekaan akan isi hati Allah

  • Ay.17 Mereka bisa memahami isi hati Tuhan karena dekat dengan-Nya.

Amin

0 comments:

Posting Komentar