12 September 2023

12 September 2023



Berdoa

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 363

Lukas 3:21-22

Yesus, Anak Allah, dibaptis

3:21 Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit 3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan. "


Ketika Tuhan Yesus sedang berdoa terbukalah langit đan turunlah Roh Kudus. 

Doa menghadirkan Surga dalam kehidupan manusia.

  • Kesaksian: Ada seorang pelaut yang datang ke Gereja yang sedang beribadah. Pada saat ia masuk ke dalam Gereja itu, waktu masuk pintu dan mau duduk, ia terlempar ke belakang. Pendeta membiarkan orang itu tergeletak di tempatnya. Hingga akhir ibadah orang itu pingsan.
  • Sewaktu bangun orang itu bersaksi bahwa ia melihat suatu sinar yang sangat terang dan ia tidak kuasa melawannya. Pengakuannya, ia mempunyai jimat dan pegangan yang lainnya. Orang itu kemudian mau percaya kepada Kristus Yesus. 
  • Beberapa waktu kemudian ia dibaptis. Akan tetapi sebelum dibaptis, ada timbul benjolan-benjolan yang muncul di kulitnya. Tidak lama kemudian orang itu seperti kesurupan, dan Ia berteriak, "...ia milikku...ia milikku...!!". Iblis tidak rela melepas orang itu. Tetapi Pendeta mengusir iblis yang ada di dalamnya. 
  • Setelah pelepasan dan baptisan, orang itu betul-betul merdeka dan terbebas total. Doa itu berkuasa luar biasa. Jangan meragukan kuasa doa.

Istilah doa yang kita kenal, asalnya dari bahasa arab. Tetapi di dalam Alkitab Proskuneo bahasa Yunani, artinya diibaratkan seperti kelakuan setia seekor Anjing. Lihatlah seekor Anjing yang sayang akan tuannya, jika ia dipukul majikannya bukannya melawan, melainkan ia menggoyang-goyangkan ekornya

proseuchomai <4336>

proseucomai proseuchomai

Pelafalan : pros-yoo'-khom-ahee

Asal Mula : from 4314 and 2172

Referensi : TDNT - 2:807,279

Jenis Kata : v (verb)

Dalam Yunani : proseucesyai 6, proseucesye 15, proseucesyw 2, proseucetai 2, proseuch 1, proseuchsye 2, proseucomai 1, proseucomenh 1, proseucomenoi 10, proseucomenon 3, proseucomenou 2, proseucomenov 5, proseucomeya 1, proseucontai 1, proseucwmai 1, proseuxai 1, proseuxamenoi 5, proseuxamenov 1, proseuxasyai 6, proseuxasywsan 1, proseuxhtai 1, proseuxomai 2, proseuxwmai 2, proseuxwmeya 1, proshuceto 5, proshuxanto 1, proshuxato 7

Dalam TB : berdoa 32, berdoalah 10, untuk berdoa 7, sedang berdoa 4, Berdoalah 3, ia berdoa 2, Ia berdoa 2, yang berdoa 2, kamu berdoa 2, mendoakan 2, aku berdoa 1, aku sedang berdoa 1, Berdoa 1, Aku akan berdoa 1, aku akan berdoa 1, Berdoalah kamu 1, Ia sekarang berdoa 1, Berdoalah terus 1, doa 1, ketika aku sedang berdoa 1, mengucapkan doanya 1, mereka mendoakan 1, sembahyang 1, kami berdoa 1, doaku 1, dengan doa 1, doakan 1, doakanlah 1, dalam doamu itu 1

Dalam AV : pray 83, make prayer 3, pray for 1

Jumlah : 87

Definisi : berdoa, ber sembahyang

Doa = Tevilla (bahasa Ibrani) mengandung makna:

1. Tao = Tanda

  • Doa itu tanda orang yang melekat kepada Tuhan. Tidak ada doa berarti tidak beriman.

2. Ve = Mulut
  • Mulut kita harus mengeluarkan berkat. Ucapan kita adalah doa kita. Berhati-hatilah dengan ucapan yang kita keluarkan. 
  • Pada saat kita sakit, Berimanlah katakan kita sembuh. Jika kita mengatakan Diri kita sakit, maka kita akan tetap sakit. Perkataan kuasa Allah akan terjadi karena iman.
  • Anak kita nakal atau tidak pandai, jangan katai anak itu dengan "Bodoh", "Nakal", selalu ia akan mendengar kata-kata itu dan ia akan bodoh dan nakal betulan.
3. Yak = Tangan
  • Jangan kita pakai tangan kita untuk melakukan kekerasan atau perbuatan jahat. Tangan ini untuk kita angkat ke hadapan Allah, memuji dan membesarkan Nama-Nya. Allah akan turun tangan menolong kita.
  • Tangan yang dipakai untuk kejahatan, maka Allah akan angkat tangan tidak akan menolong.
4. Lamet = Belajar
  • Ketika kita mau belajar firman Tuhan, maka kita akan terus menerus diberikan kekuatan dan semakin disempurnakan.
5. Hay = Kisi = Sirkulasi udara = Nafas
  • Doa adalah Nafas orang beriman
Khotbah lanjutannya dalam Episode ke-364

0 comments:

Posting Komentar