28 Agustus 2023

28 Agustus 2023




Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke 111

Amsal 25:28

Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. 

  • Zaman dahulu The Chinese Great Wall dibangun sangat luar biasa besarnya. Seolah tidak akan ada musuh bisa masuk ke kota itu.
  • Akan tetapi beberapa ratus tahun kemudian musuh bisa masuk ke dalam kota tanpa memanjat atau menghancurkan tembok besar itu

Galatia 5:22-24

5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. 5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. 

  • Setiap orang yang menjadi milik Kristus, pasti akan menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu. 

Pengendalian:

1. Lidah

Yakobus 3:4-5

3:4 Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi. 3:5 Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar. 

Ada kapal muatan yang tenggelam, karena kelebihan muatan penumpang. Nahkoda dengan sengaja memuat dengan lebih, akhirnya kapal sulit dikendalikan. Ia juga menghadapi maut gara-gara perbuatannya sendiri.

Dalam mulut yang sama jangan keluar perkataan buruk dan baik. Kita harus mengendalikan diri dari segala hal negatif.

2. Emosi

Amsal 4:4

aku diajari ayahku, katanya kepadaku: "Biarlah hatimu memegang perkataanku; berpeganglah pada petunjuk-petunjukku, maka engkau akan hidup. 

Mazmur 37:8

Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan. 

  • Kita perlu mengendalikan emosi kita. Jika kita marah, maka jangan merencanakan yang jahat. Kuasailah diri kita dan jangan dikuasai kemarahan. 

3. Pikiran

Matius 6:25

"Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir 1 akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?"

  • Pikiran cemas dan khawatir akan sesuatu. Kita takut. Itulah makanya kita perlu mengendalikan diri kita di bawah kaki Kristus. Serahkan hidup kita kepada-Nya. Jangan pikul sendiri beban mu. Kita harus bisa mempercayai Kristus, bahwa Ia akan memberikan jalan keluar dari segala permasalahan kita.

4. Perut

Amsal 23:2

Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu! 

  • Banyak orang tidak bisa mengatur pola makan dengan baik. Tidak juga bisa menahan keinginan mata untuk makan. Dikuasai nafsu makan adalah bahaya juga. 
  • Jika pekerjaan seseorang tahan uji ia akan menerima upahnya.
  • Izinkan Kristus mengatur kehidupan kita seluruhnya.

Amin. 


0 comments:

Posting Komentar