14 Agustus 2023

14 Agustus 2023



Kemurnian iman

Setiap orang selalu mencari sesuatu yang murni. Pasti kita tidak mau mendapat sesuatu yang sudah tercampur sesuatu. Bensin mobil yang tercampur zat lain, pasti bisa merusak mesin. Emas juga jika tercampur dengan logam, pasti akan berkurang harganya. Komponen mobil yang diganti dengan komponen bukan dari pabrik resmi, pasti akan merusak suatu harinya.

Selama iman, hati, motivasi kita murni, pasti hidup kita akan melihat kedahsyatan kuasa Allah. Mengapa? Allah hanya bisa bertemu dengan orang yang murni imannya.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program ke 
"Kemurnian Iman"

Orang yang merasa imannya murni, tetapi tidak melihat apapun. Apakah memang betul imannya itu murni? Iman yang tidak murni tidak bisa mendatangkan Mukjizat dalam kehidupannya.

1 Petrus 1:6-12 

1:6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. 1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya. 1:8 Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan, 1:9 karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu. 1:10 Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang kasih karunia yang diuntukkan bagimu. 1:11 Dan mereka meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya memberi kesaksian tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu. 1:12 Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, yang oleh Roh Kudus, yang diutus dari sorga, menyampaikan berita Injil kepada kamu, yaitu hal-hal yang ingin diketahui oleh malaikat-malaikat. 

Indikator Kemurnian Iman kita:

1. Jika kita bisa bersukacita dalam keadaan yang tidak menyenangkan

Ay.6 Rasul Petrus mengajak untuk tetap bersukacita di dalam keadaan yang tidak menyenangkan. Jangan sampai di tengah suasana yang buruk, seseorang itu tidak terlihat sebagai anak Tuhan.

2. Jika iman diuji melalui Api tetap lolos

Ay.7 Nilai iman murni lebih tinggi dari emas. Emas itu dimurnikan dengan api. Api berbicara mengenai suasana yang panas. Banyak orang yang baru saja dapat berkat, disembuhkan, ia sangat dekat dengan Tuhan. Akan tetapi 

3. Jika kita tetap mengasihi Tuhan, sekalipun belum melihat Pembuktian janji Tuhan

Ay.8 Iman yang murni itu, tidak melihat pembuktian janji Allah, tetapi tetap bersukacita dan bersyukur. Ada orang yang sebaliknya

4. Jika selalu mendahulukan Tuhan, bukan kepentingan diri sendiri

Ay.12 Melayani Tuhan dengan melayani sesama kita. Tidak mencari untung diri sendiri. Orang ini lah yang disebut imannya murni di hadapan Allah.

Amin

0 comments:

Posting Komentar