13 Agustus 2023

13 Agustus 2023



Makin dihambat makin merambat, makin ditindas makin melibas, makin ditekan makin hidup dalam kemuliaan.

Darah orang benar adalah benih Gereja - Hudson Taylor

Semakin banyak penderitaan orang percaya, semakin luas pekerjaan Tuhan. Air mata orang benar adalah pupuk buat pertumbuhan Gereja.

Bagaimana cara kerja Allah menjadikan umat-Nya semakin bertumbuh padahal ditekan:

1. Tuhan Ahli mengubah kutuk menjadi berkat

  • Allah memberkati Bangsa Israel dengan mengubah keadaan yang menyakitkan yaitu penjajahan di Mesir, dengan suatu keadaan di mana keturunan mereka diberkati, hingga jumlah mereka semakin bertambah dan berkembang.

2. Tuhan melatih dalam masa sukar hati dikuatkan

  • Bangsa Israel diajar untuk tetap memandang Tuhan saja di masa kesesakan itu. Demikian pula kita diajar untuk fokus pada Tuhan saja, tidak memandang masalah yang kita hadapi.

3. Tuhan Mengutus Roh Kudus untuk menjadi menuntun anak-anak-Nya

  • Bangsa Israel akhirnya dibebaskan dari penjajahan Mesir. Mereka dituntun oleh Tiang Awan dan Tiang Api Roh Tuhan yang berjalan di depan mereka. 
  • Di tengah masalah kita tidak akan gentar, tetapi Ia mengajar kita untuk dapat berjalan dalam seluruh kemuliaan dan kehendak Allah.

4. Tuhan tidak pernah mempermalukan orang-orang percaya

  • Bangsa Israel dibebaskan dengan Tangan Tuhan yang kuat. Segala kekuatan Firaun dipatahkan oleh Tuhan. Mereka dihancurkan oleh Kuasa Allah yang Dahsyat. 
  • Apa yang tidak pernah terlintas dalam fikiranmu, apa yang tidak pernah kau bayangkan itu yang Kusediakan bagi mu. Jadi jangan pernah khawatir soal apapun juga. Ia tidak akan mengecewakan kita.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 
Program ke 
"Allah yang membebaskan"

Kitab Keluaran

  • Ditulis tahun 1400 SM selama 400 tahun Dari Yakub masuk ke Mesir, hingga berada di Padang Belantara. 
  • Kisah Orang Mesir yang menindas bangsa Israel, hingga akhirnya Tuhan membebaskan mereka dipimpin Musa.

Keluaran 1:1-12

Orang Israel ditindas di Mesir

1:1 Inilah nama para anak Israel yang datang ke Mesir bersama-sama dengan Yakub; mereka datang dengan keluarganya masing-masing: 1:2 Ruben, Simeon, Lewi dan Yehuda; 1:3 Isakhar, Zebulon dan Benyamin; 1:4 Dan serta Naftali, Gad dan Asyer. 1:5 Seluruh keturunan yang diperoleh Yakub berjumlah tujuh puluh jiwa. Tetapi Yusuf telah ada di Mesir. 1:6 Kemudian matilah Yusuf, serta semua saudara-saudaranya dan semua orang yang seangkatan dengan dia. 1:7 Orang-orang Israel beranak cucu dan tak terbilang jumlahnya; mereka bertambah banyak dan dengan dahsyat berlipat ganda, sehingga negeri itu dipenuhi mereka. 1:8 Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf. 1:9 Berkatalah raja itu kepada rakyatnya: "Bangsa Israel itu sangat banyak dan lebih besar jumlahnya dari pada kita. 1:10 Marilah kita bertindak dengan bijaksana terhadap mereka, supaya mereka jangan bertambah banyak lagi dan--jika terjadi peperangan--jangan bersekutu nanti dengan musuh kita dan memerangi kita, lalu pergi dari negeri ini." 1:11 Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses. 1:12 Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan berkembang mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel itu.

Bangsa Mesir takut akan banyaknya umat Israel itu. Mereka hendak menindas agar mati. Akan tetapi kenyataannya bangsa Israel itu semakin banyak dan berkembang.

Apa kunci untuk terus sukses di dalam dunia: 

1. Andalkan Tuhan!!

2. Praktikkan hukum dan Firman Tuhan

3. Hadapi setiap tantangan dengan Tuhan

4. Belajar dari setiap keadaan kita

Amin.

0 comments:

Posting Komentar