25 Agustus 2023

 25 Agustus 2023


Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata 362

"Injil yang memerdekakan"

Galatia 5:1-15

Kemerdekaan Kristen
5:1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan. 5:2 Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu. 5:3 Sekali lagi aku katakan kepada setiap orang yang menyunatkan dirinya, bahwa ia wajib melakukan seluruh hukum Taurat. 5:4 Kamu lepas dari Kristus, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia. 5:5 Sebab oleh Roh, dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan. 5:6 Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih. 5:7 Dahulu kamu berlomba dengan baik. Siapakah yang menghalang-halangi kamu, sehingga kamu tidak menuruti kebenaran lagi? 5:8 Ajakan untuk tidak menurutinya lagi bukan datang dari Dia, yang memanggil kamu. 5:9 Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan. 5:10 Dalam Tuhan aku yakin tentang kamu, bahwa kamu tidak mempunyai pendirian lain dari pada pendirian ini. Tetapi barangsiapa yang mengacaukan kamu, ia akan menanggung hukumannya, siapapun juga dia. 5:11 Dan lagi aku ini, saudara-saudara, jikalau aku masih memberitakan sunat, mengapakah aku masih dianiaya juga? Sebab kalau demikian, salib bukan batu sandungan lagi. 5:12 Baiklah mereka yang menghasut kamu itu mengebirikan saja dirinya! 5:13 Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih. 5:14 Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!" 5:15 Tetapi jikalau kamu saling menggigit dan saling menelan, awaslah, supaya jangan kamu saling membinasakan.

Kita bersyukur Indonesia sudah 78 tahun merdeka. Tidak ada penjajah negara asing, tetapi apakah kita masih dijajah dosa? Indonesia boleh merdeka, tetapi kehidupan kita belum merdeka. Masih ada yang lebih berbahaya yaitu penjajahan dosa yang menyebabkan kita tidak bisa merdeka sejati.

Pastikan kita tidak ada yang mengikat lagi. Lihatlah firman di atas, bahwa Kristus mau kita betul merdeka dan tidak ada yang masih mengikat kita. Tidak ada yang boleh mengikat kita dengan apapun di dunia ini. Tidak ada kompromi dengan dosa di manapun.

Kristus yang memerdekakan kita, menyelamatkan jiwa kita yang terhilang, sama sekali bukan hasil usaha kita untuk membebaskan diri dari lumpur dosa. Jadi sama sekali jangan merasa kalau berbuat baik bisa membuat kita pergi ke Surga.

Lanjutan dari Episode ke-361
1. Kristus yang memerdekakan

Episode ke--362:

2. Iman yang menyelamatkan 

Efesus 2:8-9

2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Kalau kita mau terbebas dari dosa, maka perbuatan baik yang kita lakukan bukan untuk keselamatan lagi, tetapi untuk menyatakan kemerdekaan dari dosa. Berbuat baik menunjukkan identitas iman kita sebagai manusia yang sudah dimerdekakan.

Orang yang tidak kenal Allah, berbuat kebaikan, tidak karena ingin berbuat baik, tetapi mereka ingin mencari muka dan mencari nama. Perbuatan dosa terang benderang di mata Tuhan. tidak ada yang tersembunyi di hadapan Allah. Perbuatan baik dan amal bukan untuk mencari keselamatan, tetapi identitas kita sebagai orang yang sudah merdeka.

Rasul Paulus mengatakan jangan terikat lagi adat istiadat yang berlaku turun temurun, tanpa tahu itu tidak menyenangkan Tuhan. Kita bukan hidup oleh perbuatan baik kita, tetapi oleh Kasih Anugerah Allah.

3. Kristus memanggil kita untuk menjadi saksi

Kita hidup dimerdekakan Kristus tujuannya untuk memenangkan jiwa yang lain di dunia. Jika kita tidak mau menjadi saksi Kristus, entah karena takut atau sungkan, maka kita sesungguhnya belum merdeka. 

Gereja yang sehat adalah Gereja yang memberitakan Injil. Yesus sanggup mengubahkan kehidupan yang sesat menjadi kehidupan yang benar. kristus mau memakai kita untuk mengantar pemberitaan Injil kepada mereka. Yesus memanggil kita untuk menjadi surat Kristus yang dibaca oleh semua orang. 

Galatia 5:13

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Kita minta dijamah bibir kita, supaya bisa membuka mulut dan bersaksi tentang kebaikan Kristus dalam hidup kita. Kalau kita bersaksi maka Kuasa Kristus akan dicurahkan atas kita. Dalam Kristus ada kemerdekaan Allah.

Istri dan Suami harus jadi saksi bagi anak-anaknya. Kanak--kanak harus diajar juga untuk memberitakan kebaikan Tuhan bagi teman-temannya.

Amin.

Mat 28 - jadikanlah semua makhluk menjadi murid Kristus.


0 comments:

Posting Komentar