10 Agustus 2023

 10 Agustus 2023



Dosa setiap orang pasti pernah lakukan ==>   BOHONG

Berbohong itu seringkali dianggap menjadi suatu solusi dalam penyelesaian masalah. Misalnya Suami yang berbohong terhadap istri, dengan maksud agar tidak menyinggung perasaan istri, disebutkan orang: dusta putih.  

Kis 5:1-11

1 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah. 2 Dengan setahu isterinya ia menahan sebagian dari hasil penjualan itu dan sebagian lain dibawa dan diletakkannya di depan kaki Rasul-Rasul. 3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu? 4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah." 5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. 6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya. 7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi. 8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian." 9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar." 10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya. 11 Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.

  • Ananias semula memulai dengan baik dan luar biasa, yaitu niatnya menjual tanah untuk para rasul. Berarti ia adalah pelayan Tuhan juga. 
  • Tetapi semuanya berubah, begitu ia melihat hasil penjualan tanahnya adalah uang yang begitu banyak. Ananias mulai merekayasa kebohongan besar di hadapan para rasul. Ia tidak sadar ia juga telah membohongi Roh Kudus. Lebih parah lagi, Istrinya yang seharusnya mengingatkannya agar tidak berbuat jahat, malahan sama berdusta juga. Allah mencabut nyawa suami istri itu.
  • Sungguh mengerikan, kisah di atas, namun itu wujud, bahwa Allah menganggap dusta adalah dosa yang sungguh serius. Allah sangat serius dengan dosa ini. Allah tidak bisa kompromi dengan dusta. Itu dosa yang dibenci Allah. 
  • Berbagai kejahatan yang terjadi di dunia ini, berawal dari dusta.

Pelajaran dari Kisah Ananias dan Safira yang menahan sebagian hasil penjualan tanahnya: 

1. Orang yang berdusta adalah anak iblis

Yohanes 8:44
Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta 

Tuhan tidak mau kompromi terhadap dosa dusta atau bohong, sebab itu sesungguhnya ajaran dari Iblis langsung. 

2. Berdusta akan jadi kebiasaan

Dusta yang dibiarkan akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan berbohong itu menyebabkan seseorang kehilangan orientasi nya. Artinya ia tidak lagi bisa membedakan mana kenyataan dan mana dunia kebohongannya. 

Orang yang berdusta, jangan merasa itu adalah perbuatan yang biasa saja. itu perbuatan yang sangat berbahaya. Harus segera bertobat dan bangkit meninggalkan dusta.

3. Dusta adalah hambatan dalam pelayanan

Dusta itu merusak orang yang melayani Tuhan. Orang lain yang sudah mempercayainya, akan sangat terpukul dan meninggalkan Tuhan juga, jika. orang itu terbukti kebohongannya. 

Pembohong akan jadi batu sandungan buat orang yang masih ragu kepada Tuhan Yesus. 

Amin.

0 comments:

Posting Komentar