29 Agustus 2023

29 Agustus 2023



Berhenti dari berbuat dosa 

Tidak ada yang mustahil Mukjizat itu Nyata Episode ke-287 RPK 

Matius 12:9-14

Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat

12:9 Setelah pergi dari sana, Yesus masuk ke rumah ibadat mereka. 12:10 Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia. 12:11 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya? 12:12 Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat." 12:13 Lalu kata Yesus kepada orang itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain. 12:14 Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia.

  • Tuhan Yesus banyak menyembuhkan orang di hari Sabat. Mengapa demikian? 
  • Apa itu Sabat = Hari ke-7, di mana Tuhan Berhenti mencipta = Jadi orang Yahudi dilarang bekerja di Hari ke-7 itu. Namun sesungguhnya Allah bukannya berhenti karena lelah. Tapi Tuhan mau hari ke-7 itu Allah berkumpul dengan umat-Nya. Bahkan Ia menyembuhkan orang di hari itu. Itulah yang Tuhan Yesus lakukan di hari Sabat. Betul ada waktu untuk bekerja, ada waktu untuk istirahat, namun Allah bekerja terus buat kita.
  • Berhenti dari semua aktivitas yang kita lakukan, dan masuk dalam hadirat-Nya yang kudus untuk bersatu dengan-Nya. itulah Sabat menurut Tuhan. Liburan atau Work From Home, adalah kesempatan buat kita untuk mengembalikan hubungan baik kita dengan Allah seperti rancangan Allah.

Matius 11:28 

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

  • Orang yang merasa berbeban berat, datanglah kepada Yesus. Itulah Sabat menurut Allah, bukan hari Sabtu atau Minggu.

Mengapa Allah mengosongkan dirinya sama dengan manusia untuk menyelamatkan mereka:

1. Kita semua adalah pribadi yang berharga di mata Allah

  • Bukankah manusia lebih berharga daripada Domba? Oleh karena itu boleh menyembuhkan orang di hari Sabat.

2. Allah tidak mau manusia binasa karena dosa

  • Awalnya semua manusia bakalan masuk ke dalam Neraka Maut, tapi Kristus mati buat kita dengan mencurahkan darah-Nya dan menebus kita. Kristus mau kita mengulurkan tangan kita kepada Yesus, menyerahkan hidup kita kepada Tuhan.

3. Jangan lagi berbuat dosa dan hidup di dalam dosa

  • Kudus kan dirimu karena Allah itu kudus. Manusia tidak bisa bersatu dengan Allah kalau tidak hidup kudus. Mengapa perlu bersatu dengan Allah?

Amin.

0 comments:

Posting Komentar