04 November 2022

04 November 2022 

Tubuh dan Darah Kristus

Fondasi Kekristenan = Tubuh + Darah Kristus Yesus

Kekristenan bukan ajaran agama, tapi ajaran Kasih dan Anugerah. Agama menekankan dosa dan kesalahan manusia, Sorga dan Neraka. Selama jalan dalam dosa, maka masuk neraka. Jalan dalam kebaikan maka masuk ke Surga.

Kekristenan percaya bahwa manusia yang berdosa sudah bisa masuk Surga karena Tuhan pemilik Surga memilih kita untuk masuk ke Surga karena pengorbanan anak-Nya yang tunggal, yaitu Kristus Yesus.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 

Program ke 

"Tubuh dan Darah Kristus"

Tubuh yang terpecah dan Darah yang tertumpah menyebabkan kita tidak binasa. Berapa banyak domba yang harus disembelih jika darah binatang bisa mengampuni dosa. Tetapi Kristus mencurahkan darah-Nya untuk menyucikan kita.

Lukas 22:14-23 (TB)

14 Ketika tiba saatnya, Yesus duduk makan bersama-sama dengan rasul-rasul-Nya. 15 Kata-Nya kepada mereka: "Aku sangat rindu makan Paskah ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita. 16 Sebab Aku berkata kepadamu: Aku tidak akan memakannya lagi sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah." 17 Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: "Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu.  18 Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang." 19 Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku." 20 Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu. 21 Tetapi, lihat, tangan orang yang menyerahkan Aku, ada bersama dengan Aku di meja ini. 22 Sebab Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan, akan tetapi, celakalah orang yang olehnya Ia diserahkan!" 23 Lalu mulailah mereka mempersoalkan, siapa di antara mereka yang akan berbuat demikian. 

Tuhan Yesus memecahkan roti dan mencurahkan anggur, sebagai peringatan akan kematian-Nya. 

1. Perjamuan Suci menyatukan kita dengan Kristus

Waktu kita menerima Perjamuan Suci, tidak bisa hati kita setengah-setengah. Ini adalah Pesta Perjamuan Surgawi. Kristus bersatu dengan kita, sehingga kita tidak bisa diserang kuasa apapun di luar Kristus. Perjamuan Suci diadakan berlainan setiap Gereja dan Denominasi. Itu masing-masing berbeda, tapi pemahaman harus sama, yaitu kita bersatu dengan Kristus. Banyak kali dunia ini membuat kita jadi satu dengan dunia ini. Dunia yang keras bagaimanapun, bisa kita kalahkan jika kita bersatu dalam Perjamuan Suci dengan Kristus.

2. Kita diingatkan akan segala karya-Nya

Dunia ini penuh orang yang lupa akan janjinya kepada Tuhan, lupa akan kebaikan Tuhan, lupa untuk membalas kebaikan Tuhan. 

3. Dalam Perjamuan kita ditantang untuk berjalan dalam kebenaran Tuhan

Kita harus merdeka dan tidak lagi berjalan dalam kedagingan, melainkan berjalan dalam Kebenaran Kristus, sekalipun berat.

Amin.


0 comments:

Posting Komentar