03 November 2022

 03 November 2022

Seorang Hukuman

Hidup yang indah adalah bebas dari hukuman. Hidup yang dikejar hukuman atau penagih utang, hidupnya tidak tenang. Ketakutan. Narapidana yang melarikan diri, hidupnya tidak akan tenang. Dikejar-kejar.
Misalnya kita dibebaskan dari utang kita pada teman kita, maka lega nya.
Vonis Hakim membebaskan kita, rasanya akan meloncat dari kursi kita.

Sadarkah kita adalah orang yang tadinya harus dibuang ke Neraka yang kekal? Tapi Kristus sudah mencurahkan darah-Nya di kayu salib, demi menebus kita semua.


Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 

Program Ke 

"Seorang Hukuman"


Upah dosa adalah maut. Kita semua dari lahir sudah membawa dosa turunan. Kita diperhamba dosa. Tapi sewaktu kita percaya pada Kristus Yesus, kita dibebaskan.

Surat Paulus kepada Filemon, tahun 60-61 Masehi. Ditulis kepada Filemon. Filemon ini kaya raya. Filemon tinggal di Kolose. Ia bertobat dan percaya kepada Kristus. Ia menyerahkan hidupnya. Ia sebelumnya tertimpa masalah dan itu karena hambanya namanya Onesimus, yang kemudian di penjara. Paulus di Roma, bertemu dengan Onesimus itu. Ia berusaha membimbing Onesimus untuk percaya Kristus. Ia bertobat dan berbalik dari jalan yang jahat. Filemon sudah bertobat. jadi Paulus ingin membuat rekonsiliasi antara dua orang ini. Paulus menggambarkan semua kita sebelum percaya Kristus, kita semua adalah "Orang Hukuman".

Filemon 1:1-3 (TB)

1 Dari Paulus, seorang hukuman karena Kristus Yesus dan dari Timotius saudara kita, kepada Filemon yang kekasih, teman sekerja kami 2 dan kepada Apfia saudara perempuan kita dan kepada Arkhipus, teman seperjuangan kita dan kepada jemaat di rumahmu: 3 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.  

Mengapa kita adalah orang hukuman?

1. Dosa kita menuntun kita pada hukuman

Filemon dituntun Paulus untuk mengampuni Onesimus yang bersalah. Jika Filemon tidak mau mengampuni Onesimus, maka ia masih tinggal di luar Kristus. Karena Kristus adalah Kasih.

Roma 8:1 (TB)  
1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. 

2. Tanpa Kristus, dosa kita tidak bisa dibatalkan apapun

Kristus mengatakan di kayu salib, "Sudah Selesai". Agama mengajarkan bahwa kita berdosa. Kristus mengampuni dosa. 

3. Kita tetap orang hukuman, jika tidak berbalik dari jalan yang jahat. 

Kita akan bebas dari hukuman, jika serahkan hidup kita pada Kristus untuk disucikan. Setelah itu berjalan di dalam terang kebenaran Kristus, dengan tuntunan dari Roh Kudus dengan banyak berdoa dan baca firman Tuhan. 

Jika Tadinya kita orang hukuman, sekarang sudah dibebaskan. Apa yang akan kita lakukan?

a. bersyukur
b. mengasihi Yesus
c. taat akan semua perintah 
d. bekerja keras buat Kristus.

Agama tidak bisa menyelamatkan kita. Agama hanya mengajarkan orang berbuat baik, tapi tidak bisa menghapus dosa. Belenggu dosa hanya bisa dibebaskan Kristus.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar