02 November 2022

02 November 2022

Kita semua ini adalah Gersom. Gersom dalam bahasa Ibrani adalah Pendatang di negeri asing. Apa maksudnya kita pendatang di negeri asing? Kita dari Surga bukan dari dunia ini. Dunia ini tidak mengasihi kita karena nama Yesus. Kita sudah dilahirkan kembali oelh roh dan Firman. 

Maka tugas Kita adalah:

1. Terang dan Garam

Dunia ini harus kita terangi dengan perbuatan benar kita.

Garam mencegah pembusukan - dunia busuk karena tipu muslihat iblis. Anak Tuhan mencegah pembusukan karena firman Tuhan. 

Kita akan membuat dunia ini Terang dan Tidak busuk.

2. Menjadi saksi bagi dunia

Manusia banyak yang pandai bicara, tapi sedikit yang kehidupannya benar dan bisa jadi teladan. Hidup dengan Tuhan saja yang bisa membuat kita hidup benar.

3. Hidup membawa damai 

Orang yang membawa damai, disebut anak-anak Allah.

4. Memperluas Kerajaan Allah di muka bumi

Doa Bapa Kami - datanglah KerajaanMu di bumi.

Kita tugasnya adalah memperluas kerajaan Allah di bumi ini. 

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 

Program ke 

"Pendatang di Negeri Asing"

Kita sesungguhnya adalah pendatang di negeri asing, kita ditempatkan di bumi dengan misi tertentu.

Keluaran 2:11-22 (TB)

11 Pada waktu itu, ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk melihat kerja paksa mereka; lalu dilihatnyalah seorang Mesir memukul seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu. 12 Ia menoleh ke sana sini dan ketika dilihatnya tidak ada orang, dibunuhnya orang Mesir itu, dan disembunyikannya mayatnya dalam pasir. 13 Ketika keesokan harinya ia keluar lagi, didapatinya dua orang Ibrani tengah berkelahi. Ia bertanya kepada yang bersalah itu: "Mengapa engkau pukul temanmu?" 14 Tetapi jawabnya: "Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim atas kami? Apakah engkau bermaksud membunuh aku, sama seperti engkau telah membunuh orang Mesir itu?" Musa menjadi takut, sebab pikirnya: "Tentulah perkara itu telah ketahuan." 15 Ketika Firaun mendengar tentang perkara itu, dicarinya ikhtiar untuk membunuh Musa. Tetapi Musa melarikan diri dari hadapan Firaun dan tiba di tanah Midian, lalu ia duduk-duduk di tepi sebuah sumur. 16 Adapun imam di Midian itu mempunyai tujuh anak perempuan. Mereka datang menimba air dan mengisi palungan-palungan untuk memberi minum kambing domba ayahnya. 17 Maka datanglah gembala-gembala yang mengusir mereka, lalu Musa bangkit menolong mereka dan memberi minum kambing domba mereka. 18 Ketika mereka sampai kepada Rehuel, ayah mereka, berkatalah ia: "Mengapa selekas itu kamu pulang hari ini?" 19 Jawab mereka: "Seorang Mesir menolong kami terhadap gembala-gembala, bahkan ia menimba air banyak-banyak untuk kami dan memberi minum kambing domba." 20 Ia berkata kepada anak-anaknya: "Di manakah ia? Mengapakah kamu tinggalkan orang itu? Panggillah dia makan." 21 Musa bersedia tinggal di rumah itu, lalu diberikan Rehuellah Zipora, anaknya, kepada Musa. 22 Perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki, maka Musa menamainya Gersom, sebab katanya: "Aku telah menjadi seorang pendatang di negeri asing." Musa memberi anaknya Gersom, sebagai tanda ia adalah pendatang di negeri asing.


Bagaimana sikap kita:

1. Sabar dan kuat

Pasti akan banyak tantangan di dunia yang asing ini. Kita harus kuat yang melebihi pahlawan. Kesabaran membawa segala sesuatu menjadi damai. Jadi kita harus kuat disertai dengan kesabaran. Mengapa terkadang kita juga mengalami cobaan dan ujian, karena Tuhan mau mendidik kita menjadi pribadi yang taat, sabar dan kuat.

2. Cerdik dan Tulus

Tidak boleh Kompromi terhadap dosa, tapi juga harus cerdik agar tidak hangus.

3. Selalu memandang Tuhan

Jika dalam setiap menghadapi cobaan dan ujian, kita hanya folus pada masalah.

4. Memegang aturan-aturan Illahi 

Jika kita tidak menyimpang ke kiri atau ke kanan dari jalan lurus, maka kita tidak. 

Amin.

0 comments:

Posting Komentar