28 November 2022

28 November 2022



Pemborosan

Masalah terbesar: Hemat
Dunia ini dunia yang sangat boros. Manusia didorong untuk menjadi konsumtif. Manusia terus diajarkan hidup boros. Boros itu sederhana menyebutnya, tapi sumber berbagai malapetaka.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 

Program Ke 

"Pemborosan"

Dunia pemborosan itu sudah menguasai semua orang. Orang jadi korupsi karena ingin memenuhi kebutuhan boros keluarganya. 
Hidup boros itu membawa kehancuran. Hidup lah dalam kecukupan.

Markus 14:3-9 (TB)

3 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, dan sedang duduk makan, datanglah seorang perempuan membawa suatu buli-buli pualam berisi minyak narwastu murni yang mahal harganya. Setelah dipecahkannya leher buli-buli itu, dicurahkannya minyak itu ke atas kepala Yesus. 4 Ada orang yang menjadi gusar dan berkata seorang kepada yang lain: "Untuk apa pemborosan minyak narwastu ini? 5 Sebab minyak ini dapat dijual tiga ratus dinar lebih dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." Lalu mereka memarahi perempuan itu. 6 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah dia. Mengapa kamu menyusahkan dia? Ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. 7 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, dan kamu dapat menolong mereka, bilamana kamu menghendakinya, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. 8 Ia telah melakukan apa yang dapat dilakukannya. Tubuh-Ku telah diminyakinya sebagai persiapan untuk penguburan-Ku. 9 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."
  • Apa yang dilakukan wanita itu sangat tidak bisa diterima akal sehat. Ia memboroskan suatu benda yang mahal. Namun Kristus melihat lain, Ia mengorbankan sesuatu yang paling berharga buat Tuhan kekasihnya. Namanya akan dicatat di dalam Alkitab selama-lamanya.

Pemborosan:

1. membeli barang tanpa tujuan

  • Barang yang dibeli tidak berguna, hanya niat memuaskan hati saja.

2. Menyaingi orang lain

  • Tuhan tidak memberkati untuk bersaing.

3. Membeli sesuatu yang sia-sia

  • Beli sesuatu yang kualitasnya tidak baik, akhirnya rusak dan tidak bisa dipakai.

4. Membeli sesuatu dengan uang yang tidak dimiliki

  • Membeli dengan kredit, padahal uangnya tidak punya untuk bayarnya.
Perbuatan baik:

1. Fokusnya untuk Tuhan

  • Buat ini untuk pekerjaan Tuhan bisa maju, nama Tuhan dimuliakan, membantu orang susah. Lakukan semua buat Tuhan, itu bukan pemborosan.

2. Perbuatan yang memiliki sifat kekal

  • Perbuatan yang sifatnya kekal. Misalnya sekolahkan anak di sekolah yang baik. Itu bermakna kekal buat hidup anak itu. Menjadi berkat di 

3. Perbuatan dengan motivasi yang tulus

  • Motivasi yang serakah, egoisme, Kesombongan biasanya menyertai perbuatan pemborosan. Pikirannya tidak tulus.
  • Pikirkan orang lain dengan empati, berikan sumbangan bantuan dengan tulus dan tidak punya motivasi untuk dilihat orang lain. 
4. Perbuatan 
 

0 comments:

Posting Komentar