01 November 2022

01 November 2022

Bertumbuh

Apapun yang hidup di muka bumi pasti bertumbuh. Dari kecil jadi besar, muda jadi tua. Kalau tidak bertumbuh lagi, artinya mati. Dikubur.

Iman kita juga begitu, kalau bertumbuh, awalnya berdosa, jadi bertobat, hidup bersama Tuhan dan akhirnya hidup di dalam Tuhan, sehingga akhirnya ia berharga di mata Tuhan. 

Orang yang mati rohani, hidupnya merasa mengasihi Tuhan, tapi hidupnya begitu-begitu saja, berdosa terus tidak bertobat. Itu seperti tulang berserakan.

Harapan bertumbuh adalah jika ada Roh Kudus yang memenuhi tulang berserakan itu. 

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 

Program ke 

"Bertumbuh"

2 Petrus 3:17-18 (TB)

17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh. 18 Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Setiap orang yang bertambah tua tapi tidak bertumbuh, maka tidak ada gunanya. Kehilangan damai sejahtera, hidup tetap berdosa dan akhirnya hilang iman. 

Ada hal penting tentang pertumbuhan:

1. Makanan yang baik

Orang tua yang menyayangi anaknya, pasti berikan makanan yang terbaik buat mereka. Makanan rohani kita adalah firman Tuhan. Banyak orang yang mau dengar lagu rohani, mendengar khotbah, tapi tidak mau baca firman Tuhan dan berdoa secara pribadi. Ibaratnya orang yang menonton demo masak, ia senang melihatnya, tapi tidak mau makan. Memasak, menyajikan dan memakannya berbeda. Tidak ada artinya menonton masakan. 

2. Perlu pernafasan yang sehat

Di tengah kehidupan yang penuh polusi, sangat perlu saringan/filter pembersih udara. Kita juga bernafas secara rohani, dan itu perlu ada filternya, yaitu doa kepada Tuhan. Setiap ada polusi di dalam jiwa kita, maka Roh Kudus adalah filter kita. Menyaring segala yang buruk.

3. Perlu perawatan yang baik

Perawatan sangat penting dalam menjaga pertumbuhan yang baik. Pertumbuhan yang baik secara rohani adalah Tertanam di dalam Gereja lokal. Kita harus dididik dalam Gereja Lokal dan terawat secara rohani. Pembentukan secara rohani, harus bisa memerlukan perawatan yang baik. Jika kita terdidik semakin bertumbuh.

4. Tinggal dalam Lingkungan yang baik

Pergaulan yang buruk menghancurkan kebiasaan yang baik. Di tengah masalah kita harus tetap bertumbuh, jangan mundur. Belajar dan makan firman Tuhan agar iman kita bertumbuh. Jika iman teguh maka lingkungan yang buruk akan kita jauhi. Seringkali iman yang lemah, bisa menggoda kita kembali kepada perbuatan lama kita. 

Kita bisa punya prinsip hidup yang semakin baik, jika pergaulan kita benar.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar