07 November 2022

11 November 2022 

Integritas Jemaat Tuhan

1 Petrus 2:9 (TB)  

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: 

Apa yang mau disampaikan Allah bagi kita:

1. Kamulah bangsa yang terpilih 

Bangsa = Etnos = Suku Bangsa. Kita semua adalah Bangsa yang terpilih. Tuhan memilih Israel. Israel menolak Tuhan Yesus. Kita dijadikan Israel Rohani yang siap diselamatkan Allah. Kita jadinya bisa mengenal Allah.

Roma 11:15-16 (TB)

15 Sebab jika penolakan mereka berarti perdamaian bagi dunia, dapatkah penerimaan mereka mempunyai arti lain dari pada hidup dari antara orang mati? 16 Jikalau roti sulung adalah kudus, maka seluruh adonan juga kudus, dan jikalau akar adalah kudus, maka cabang-cabang juga kudus.

2. Kita adalah Imamat Rajani

Sebelumnya, hanya Imam Lewi yang bisa melayani Tuhan, namun melalui Darah Yesus, kita semua diperkenankan datang menghadap Allah, bahkan bisa ikut melayani Tuhan.

Ibrani 7:11 (TB)  

11 Karena itu, andaikata oleh imamat Lewi telah tercapai kesempurnaan — sebab karena imamat itu umat Israel telah menerima Taurat — apakah sebabnya masih perlu seorang lain ditetapkan menjadi imam besar menurut peraturan Melkisedek dan yang tentang dia tidak dikatakan menurut peraturan Harun? 

Imam Melkisedek, bukan Imam Lewi. Menggambarkan Imam Rohani. Kita semua dijadikan Kristus untuk bisa melayani Tuhan.

3. Kita adalah Umat yang Kudus 

Kita yang sudah ditebus oleh darah Kristus yang mahal, harus senantiasa menjaga kekudusan hidup, yang menjadi syarat mendekat kepada Allah. Kita tidak akan bisa melihat Allah dalam kehidupan kita, jika kita hidup dalam dosa dan tidak menjaga kelakuan kita bersih.

4. Kita adalah Umat Pilihan Allah 

Yesaya 65:22 (TB) 

22 Mereka tidak akan mendirikan sesuatu, supaya orang lain mendiaminya, dan mereka tidak akan menanam sesuatu, supaya orang lain memakan buahnya; sebab umur umat-Ku akan sepanjang umur pohon, dan orang-orang pilihan-Ku akan menikmati pekerjaan tangan mereka. 

Allah merancang kehidupan kita kekal selamanya sebagai Umat Pilihan-Nya.

Apa itu Integritas Jemaat Tuhan:

1. Tidak hidup dalam kegelapan

Integritas Tidak Hidup dalam Kegelapan, artinya kita dipanggil keluar dari kegelapan sehingga sama sekali tidak ada lagi kegelapan dan dosa dalam hidup kita. Hidup yang kudus di hadapan Tuhan.

Yoh 12:46 Jangan tinggal di dalam kegelapan.

Ada yang berkata, jemaat awam, jemaat simpatisan, jemaat sementara, tidak ada istilah itu! Semua orang yang rindu mendekat kepada Allah dan melayani-Nya dengan apapun yang dimiliki, maka kita bukan jemaat biasa. Tidak ada yang berbeda, semua orang yang ada di dalam Tuhan, kita harus melayani Tuhan.

2. Hiduplah di dalam Terang Tuhan

Kita hidup harus di dalam Terang Tuhan.

Yohanes 8:12-20 

Yesus adalah terang dunia

8:12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." 8:13 Kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Engkau bersaksi tentang diri-Mu, kesaksian-Mu tidak benar." 8:14 Jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Biarpun Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, namun kesaksian-Ku itu benar, sebab Aku tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. Tetapi kamu tidak tahu, dari mana Aku datang dan ke mana Aku pergi. 8:15 Kamu menghakimi menurut ukuran manusia, Aku tidak menghakimi seorangpun, 8:16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku. 8:17 Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah; 8:18 Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." 8:19 Maka kata mereka kepada-Nya: "Di manakah Bapa-Mu?" Jawab Yesus: "Baik Aku, maupun Bapa-Ku tidak kamu kenal. Jikalau sekiranya kamu mengenal Aku, kamu mengenal juga Bapa-Ku." 8:20 Kata-kata itu dikatakan Yesus dekat perbendaharaan, waktu Ia mengajar di dalam Bait Allah. Dan tidak seorangpun yang menangkap Dia, karena saat-Nya belum tiba.

Matius 6:22 

22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;

Mata kita akan menentukan kita hidup di dalam terang atau gelap. Apa yang kita lihat itulah yang menentukan jalan hidup kita.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar