03 November 2022

03 November 2022 

Integritas Finansial

Lukas 16:11-12 (TB)

11 Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? 12 Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?

Mengapa harus punya integritas finansial? Banyak orang Kristen tidak jujur dengan uang. Cinta uang adalah akar dari segala kejahatan. Kita harus punya integritas finansial.

Tuhan Yesus mengajar dalam Firman di atas: Kalau mengurus uang saja tidak benar, siapa yang akan percayakan harta yang sesungguhnya yaitu Kerajaan Allah. Ini prinsip, Integritas Finansial terkait Kerajaan Surga. Kalau gara-gara uang kita kehilangan Kerajaan Allah.

Mamon yang tidak jujur. Mamon itu dewa uang. Mamon itu pengaruhnya kuat. kalau kita tidak kuat maka dikuasai Mamon, jauh dari Tuhan. Mamon itu menguasai setiap orang yang cinta uang. Cinta suami istri bisa hancur gara-gara uang. 

Integritas terhadap Mamon yang tidak jujur?

1. Hidup kita jangan dikuasai oleh Mamon yang tidak jujur

Hidup kita jangan dikuasai uang, sebab itu akan menghancurkan hidup kita. 

Jadi mohon lah Roh Kudus yang menguasai kita.

Lukas 12:15 (TB)  

15 Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." 

Di tengah-tengah masalah Pandemi ini, harta tidak bisa menambah jangka waktu hidup orang. Jangan gantungkan hidup kita pada uang. Hidup kita tidak tergantung kekayaan kita.

Seorang Milyarder Portugal meninggal, padahal uangnya banyak. Anaknya sangat sedih dan jengkel, Ia mengatakan bahwa ayahnya bisa membuat banyak pabrik tabung oksigen, tapi ayahnya meninggal karena kehabisan oksigen. Ironis sekali. Inilah buktinya, bahwa hidup mati orang tidak ditentukan oleh uang.

1 Timotius 6:10 (TB)  

10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

1 Timotius 6:7 (TB)  

7 Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. 

2. Kesetiaan kita kepada Allah ditentukan oleh Mamon

Kalau kita mengatakan Kristus adalah segalanya. Ini akan ditentukan oleh Mamon. Apa artinya? Kesetiaan kita ditentukan oleh uang. 

Maleakhi 3:7-10 (TB)

7 Sejak zaman nenek moyangmu kamu telah menyimpang dari ketetapan-Ku dan tidak memeliharanya. Kembalilah kepada-Ku, maka Aku akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami harus kembali?" 8 Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus! 9 Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! 10 Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. 

Persepuluhan itu milik Tuhan yang harus dikembalikan. Kalau kita benar dalam hal persepuluhan, maka kita akan benar dalam hal yang lain. Jangan mengharapkan hal yang besar, kalau tidak benar di dalam Persepuluhan. Tuhan sangat marah kalau ada orang yang menahan Persepuluhan. Jangan sampai uang menjadikan Allah murka.

Lukas 16:9 (TB)  

Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi."

Apa pesan Tuhan tentang penggunaan uang kita:

1. Gunakan Uang kita untuk jadi saksi Kristus
2. Gunakan Uang kita untuk membantu orang yang kekurangan
3. Gunakan Uang kita untuk persembahan bagi Allah

Jadilah Pribadi yang mengasihi Tuhan, bukan mencintai uang.

Jangan pernah takut kekurangan. Berkat mengejar orang benar.

Amin

0 comments:

Posting Komentar