23 November 2022

23 November 2022

Integritas Finansial

Lukas 16:11-12 (BIMK)

11 Jadi, kalau mengenai kekayaan dunia ini kalian sudah tidak dapat dipercayai, siapa mau mempercayakan kepadamu kekayaan rohani? 12 Dan kalau mengenai barang yang dimiliki orang lain, kalian terbukti tidak bisa dipercayai, siapa mau memberikan kepadamu apa yang menjadi milikmu? 

Allah mau memberikan harta kepada kita, tapi kalau tidak bisa dipercaya, maka bisa-bisa harta itu tidak jadi diberikan kepada kita.

Mamon yang tidak jujur = Uang yang kita pakai di dunia.


Integritas terhadap Mamon yang tidak jujur:

1. Hidup kita jangan dikuasai oleh Mamon yang tidak jujur

Lukas 12:15 (BIMK)  

15 Kemudian kepada semua orang yang ada di situ Yesus berkata, "Hati-hatilah dan waspadalah, jangan sampai kalian serakah. Sebab hidup manusia tidak tergantung dari kekayaannya, walaupun hartanya berlimpah-limpah." 

1 Timotius 6:10 (BIMK)  

10 Sebab dari cinta akan uang, timbul segala macam kejahatan. Ada sebagian orang yang mengejar uang sehingga sudah tidak menuruti lagi ajaran Kristen, lalu mereka tertimpa banyak penderitaan yang menghancurkan hati mereka. 

1 Timotius 6:7 (BIMK)  

Sebab tidak ada sesuatupun yang kita bawa ke dalam dunia ini, dan tidak ada sesuatupun juga yang dapat kita bawa ke luar! 


2. Kesetiaan kita kepada Allah ditentukan oleh Mamon

Lukas 16:10 (BIMK)  

10 Orang yang bisa dipercayai dalam hal-hal kecil, bisa dipercayai juga dalam hal-hal besar. Tetapi orang yang tidak bisa dipercayai dalam hal-hal kecil, tidak bisa dipercayai juga dalam hal-hal besar. 

Maleakhi 3:7-10 (BIMK)

7 Seperti leluhurmu dahulu, kamu semua sudah menyeleweng dari hukum-hukum-Ku dan tidak setia menjalankannya. Kembalilah kepada-Ku, maka Aku pun akan kembali kepadamu. Tetapi kamu bertanya, 'Apa yang harus kami lakukan untuk kembali kepada-Mu?' 8 Sekarang Aku bertanya kepadamu: Bolehkah manusia menipu Allah? Tentu saja tidak. Tetapi kamu menipu Aku juga. Kamu bertanya, 'Bagaimana?' Jawab-Ku: Dalam hal membayar sepersepuluhan dan memberi persembahan. 9 Seluruh bangsa menipu Aku, maka kamu semua kena kutuk. 10 Bawalah sepersepuluhanmu seluruhnya ke Rumah-Ku supaya ada makanan berlimpah di sana. Ujilah Aku, maka kamu akan melihat bahwa Aku membuka pintu-pintu surga dan melimpahi kamu dengan segala yang baik. 

Persepuluhan adalah milik Tuhan yang tidak boleh kita pakai sedikitpun. Orang Kristen banyak yang tidak benar dalam hal ini. Jangan pernah mengharapkan berkat, kalau kita tidak setia dalam memberi persepuluhan!

Allah titipkan uang 10% di dalam berkat yang diberikan-Nya, dengan tujuan untuk kita salurkan kepada Gereja atau kepada orang susah yang membutuhkan.

Lukas 16:9 (BIMK)  

9 Lalu Yesus berbicara lagi, kata-Nya, "Dengarlah! Pakailah kekayaan dunia ini untuk mendapat kawan, supaya apabila kekayaan dunia ini sudah tidak berharga lagi, kalian akan diterima di tempat tinggal yang abadi. 

 

3. Pergunakan Mamon yang tidak jujur untuk menjadi Saksi Tuhan

Mari kita mempersembahkan uang yang Tuhan berikan demi membantu orang yang susah. Di tengah situasi apapun, kita bantu orang yang susah. Jangan kita mempergunakan uang kita hanya untuk kepuasan diri sendiri.

Amsal 3:33 (BIMK)  TUHAN mengutuk rumah orang jahat, tetapi memberkati rumah orang yang taat kepada-Nya. 

Amin.

0 comments:

Posting Komentar