11 November 2022

11 November 2022

Datang bagaikan pencuri di waktu malam 

1 Tesalonika 5:1-11 (TB)

1 Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, 2 karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.  3 Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman — maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin — mereka pasti tidak akan luput. 4 Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, 5 karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. 6 Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. 7 Sebab mereka yang tidur, tidur waktu malam dan mereka yang mabuk, mabuk waktu malam. 8 Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan. 9 Karena Allah tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk beroleh keselamatan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, 10 yang sudah mati untuk kita, supaya entah kita berjaga-jaga, entah kita tidur, kita hidup bersama-sama dengan Dia. 11 Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan. 

Hari Tuhan datang seperti pencuri malam, seperti sakit bersalin. Untuk orang percaya tidak demikian.

Banyak orang di dunia akhir zaman, tidak perlu Tuhan. Mengapa? Semuanya merasa Aman dan Damai. 

I. Pencuri datang pada waktu yang tidak diduga

Pencuri tidak ada yang memberitahu kepada pemilik rumah, kapan ia akan mencuri di rumahnya. Ia datang tidak bisa diduga.

Kondisi orang di akhir zaman:

1. Tidur

Markus 13:35-37 (TB)

35 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, 36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. 37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!" 

Jika majikan datang, sementara pembantunya tidur, pasti ia akan menghukumnya. Orang Kristen tidak mau melayani, malas, berdoa malas, baca Alkitab malas, kebaktian di rumah saja, tidak mau bantu orang susah, dsb. Inilah orang yang tidur, tidak akan jadi bagian Kerajaan Surga.

2.  Berjaga-jaga

Matius 26:41 (TB)  

26 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." 

Hamba yang baik akan selalu berjaga-jaga menantikan majikannya, Pagi Siang Sore dan Malam, tidak pernah ia lengah. Orang Kristen yang setia, taat, gemar menolong sesama, rajin memberitakan injil, mengasihi sesama, itulah orang yang selalu menantikan kedatangan Tuhan Yesus datang kali yang ke dua.

II. Pencuri mengambil barang yang berharga

Pada saat pencuri memasuki rumah targetnya, ia hanya akan mengambil barang yang berharga, seperti uang, emas, arloji dsb. Sedangkan barang yang tidak berharga tidak akan diambil.

Anak Tuhan yang murni hidupnya, menjauhi hawa nafsu dunia, tidak kompromi dengan dosa, itulah yang berharga di mata Allah waktu Ia datang kembali ke dunia ini.

Apa dampaknya kalau kita tidak diangkat, artinya kita akan masuk pada masa iblis dilepaskan di dunia, penderitaan bagi orang percaya, dan kita tidak akan lagi dibela Tuhan Yesus. Pada akhirnya kita akan diperhadapkan pada pengadilan Allah, kita tidak akan lolos. Maut sudah di hadapan kita. Mengerikan.

Marilah kita menjadikan diri kita adalah pribadi yang berharga di mata Tuhan.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar