17 November 2022

17 Agustus 2022

Allah Peduli

Mata Tuhan tidak buta, Telinga Tuhan tidak tuli. Ia mendengar, melihat dan mempertimbangkan segala sesuatu. 

Menyadari hal itu maka:

1. jangan patah hati dan patah semangat

- Tidak boleh kita menggantungkan diri pada hal yang kita lihat. Pandanglah Allah yang melihat segala permasalahan kita sebagai sesuatu yang mudah.
- Jehova Jireh - Jir'eh = Allah melihat dan peduli = Karena Allah melihat Ia peduli dan akan memberikan jalan keluar. Walaupun masalah terjadi, maka segalanya akan terjadi di dalam hidup kita dalam pengaturan Allah.

2. Jangan dendam dan iri hati

- Allah mengatur semuanya. Jangan membalas kejahatan.

3. Jangan terpengaruh dengan cara duniawi

- Kita harus memisahkan diri dari cara duniawi. Misalnya kita pergi ke dukun. Pakai cara ini ujungnya Iblis membinasakan. Pakai cara Surgawi kita akan dibela Tuhan. 

4. Jangan mengutuk dan tetaplah memberkati

- Orang berbuat jahat, kita tetap memberkati.

Hari ini harinya Tuhan bag ke-8

Program ke-

Allah Peduli


Keluaran 1:12-21 (TB)

12 Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan berkembang mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel itu.
13 Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja, 
14 dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu. 
15 Raja Mesir juga memerintahkan kepada bidan-bidan yang menolong perempuan Ibrani, seorang bernama Sifra dan yang lain bernama Pua, katanya:
16 "Apabila kamu menolong perempuan Ibrani pada waktu bersalin, kamu harus memperhatikan waktu anak itu lahir: jika anak laki-laki, kamu harus membunuhnya, tetapi jika anak perempuan, bolehlah ia hidup."
17 Tetapi bidan-bidan itu takut akan Allah dan tidak melakukan seperti yang dikatakan raja Mesir kepada mereka, dan membiarkan bayi-bayi itu hidup.
18 Lalu raja Mesir memanggil bidan-bidan itu dan bertanya kepada mereka: "Mengapakah kamu berbuat demikian membiarkan hidup bayi-bayi itu?"
19 Jawab bidan-bidan itu kepada Firaun: "Sebab perempuan Ibrani tidak sama dengan perempuan Mesir; melainkan mereka kuat: sebelum bidan datang, mereka telah bersalin."
20 Maka Allah berbuat baik kepada bidan-bidan itu; bertambah banyaklah bangsa itu dan sangat berlipat ganda. 
21 Dan karena bidan-bidan itu takut akan Allah, maka Ia membuat mereka berumah tangga. 
22 Lalu Firaun memberi perintah kepada seluruh rakyatnya: "Lemparkanlah segala anak laki-laki yang lahir bagi orang Ibrani ke dalam sungai Nil; tetapi segala anak perempuan biarkanlah hidup." 

Allah melakukan pembelaan terhadap bangsa Israel. Dua orang bidan Sifra dan Pua berbuat baik kepada bangsa Israel. Ia dihargai Allah.

Mengingat Allah membela kita dan peduli pada kita:

1. Allah memulihkan masa lalu kita

Iblis mengintimidasi seseorang dengan masa lalu, tapi Allah mau memulihkan masa lalu kita. Kita dipulihkan. 

2. Allah mengerjakan Mukjizat

- Secara luar biasa, jika kita serahkan semua perkara kepada Nya, maka Ia akan ubah semua keadaan yang buruk menjadi indah secara ajaib. 

3. Allah mengizinkan terjadi kebetulan-kebetulan 

- Banyak akan terjadi kebetulan demi kebetulan ajaib, sepanjang kehidupan kita. 

4. Ia sediakan segala keperluan kita berlimpah ruah

- Allah dengan segala kemurahan-Nya menyediakan segala kebutuhan kita dengan berlimpah ruah.

Amin

0 comments:

Posting Komentar