29 Oktober 2022

29 Oktober 2022

Roh Asytoret

Hakim-hakim 2:12-13 (TB)

12 Mereka meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyang mereka yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, lalu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa di sekeliling mereka, dan sujud menyembah kepadanya, sehingga mereka menyakiti hati TUHAN. 13 Demikianlah mereka meninggalkan TUHAN dan beribadah kepada Baal dan para Asytoret.

Asytoret pertama kali ditulis di Kitab Hakim-hakim ini. Perang demi perang bangsa Israel lalui. Akan tetapi setelah zaman Yosua berganti, Para pemimpin beribadah kepada Berhala, Baal dan Asytoret. Asytoret adalah Ibu dewi kesuburan. Roh Asytoret itu berbicara tentang percabulan, kenajisan, kekayaan, hawa nafsu dunia. 

Voice of Pentacost mengatakan zaman sekarang Pornografi menguasai dunia digital zaman sekarang ini. Roh Asytoret zaman ini sudah berkuasa atas orang yang dikuasai hawa nafsu kedagingan.

1 Raja-raja 11:4-6 (TB)

4 Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya. 5 Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon, 6 dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya.  

Roh Asytoret menguasai Salomo, hingga ia melakukan hal yang jahat di mata Tuhan.

Bagaimana zaman sekarang ini? Masih ada roh itu berkuasa di dunia. 

Apa yang menyebabkan bangsa Israel menyembah berhala:


1. Mereka tidak menyingkirkan Penyembahan berhala dari hidup mereka

Hakim-hakim 2:2-3 (TB)

2 tetapi janganlah kamu mengikat perjanjian dengan penduduk negeri ini; mezbah mereka haruslah kamu robohkan. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku. Mengapa kamu perbuat demikian?  3 Lagi Aku telah berfirman: Aku tidak akan menghalau orang-orang itu dari depanmu, tetapi mereka akan menjadi musuhmu dan segala allah mereka akan menjadi jerat bagimu."

Mereka sudah menang, tapi tidak menyucikan diri dari berhala. Hatinya mau menyembah Tuhan, tapi tidak menyingkirkan

Matius 6:24 (TB)  

Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

2. Iman yang tidak diwariskan

Hakim-hakim 2:10-11 (TB)

10 Setelah seluruh angkatan itu dikumpulkan kepada nenek moyangnya, bangkitlah sesudah mereka itu angkatan yang lain, yang tidak mengenal TUHAN ataupun perbuatan yang dilakukan-Nya bagi orang Israel. 11 Lalu orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan mereka beribadah kepada para Baal. 

Bangsa Israel setelah Yosua tidak mengenal Allah. Mengapa bisa begitu? Karena Iman tidak diwariskan!!

Orangtua harus mengajarkan anaknya mengenal Kristus Yesus sebagai Tuhan mereka.

Ulangan 6:6-7 (TB)

6 Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan,  7 haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

3. Kekayaan Bangsa Israel menyebabkan mereka mudah melupakan Tuhan

Lukas 12:15 (TB)  

Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu."

Bangsa Israel yang kaya, mulai tidak berharap lagi kepada Tuhan, makanya mereka meninggalkan Tuhan. Jangan sampai kita melupakan Tuhan karena sudah punya uang yang banyak.

Kita harus kembali dipulihkan dan dikuatkan.

Amin.


0 comments:

Posting Komentar