21 Oktober 2022

 21 Oktober 2022

"Orang Benar"

Ada anak kecil yang bertanya:
  • Sebetulnya Singa itu karena makan daging, ia menjadi buas, atau karena ia binatang buas, makanya ia makan daging? Singa itu karena ia binatang buas makanya ia makan daging.
Manusia juga begitu, manusia berdosa, makanya perbuatannya berdosa. Sekalipun amal ibadah kita banyak sekali, percuma semuanya. Orang berdosa berbuat baik tidak ada artinya.

Kristus memerdekakan kita tujuannya agar hidup kita tidak sia-sia. Hidup kita berubah status, yang lama sudah sirna, Kristus yang hidup di dalam kita sekarang.


Hari ini harinya Tuhan bag ke-8 

Program Ke 

"Orang benar"

Jika kita sudah ditebus oleh Kristus, dari orang berdosa menjadi orang benar, tapi kehidupan kita masih sama saja dengan sebelum kita ditebus Kristus, maka kita menghina pengorbanan Kristus. Kristus mau kita berubah dalam gaya hidup kita keseharian.

1 Petrus 3:8-12 (TB)

8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, 9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab:
10 "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. 
11 Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya. 
12 Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat." 

Bagaimana mungkin kita hidup benar, tidak bercacat cela, menjadi saksi:


1. Mengandalkan Kuasa Roh Kudus

Roh Kudus mengingatkan kita, menguatkan kita, membangkitkan semangat kita. Roh Kudus lah yang memampukan kita sesuai kehendak Allah. Ia mengajar kita dengan perlahan, asal kita mau. Roh Kudus juga menuntun kita di dalam kesabaran. Kita mulai bisa berjalan dalam terang, hidup tidak bercacat cela dan selanjutnya Roh Kudus menguatkan kita.

2. Hidup dalam Firman Tuhan

Firman Tuhan menerangi jalan kita. Seringkali kita merasa tidak mampu, karena melihat dunia ini sangat gelap. Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan tapi dengan Kuasa.

3. Kita harus melekat dengan Kristus

Kita harus hidup mengandalkan Tuhan. Hidup melekat dengan Kristus. 

4. Kita senantiasa mau menerima pengampunan Allah

Kejatuhan kita dalam dosa, bukan segalanya. Kita harus bangkit dari dosa. Kita mohon Tuhan ampuni dan kuatkan kita untuk berubah. Kita adalah mempelai Kristus yang selalu disucikan Kristus.

Amin.

0 comments:

Posting Komentar