12 Oktober 2022

12 Oktober 2022

Darah Kristus tercurah di Kayu Salib

Kekristenan percaya bahwa segala hal baik dimulai dari "Darah". Wah kok mengerikan, darah apa/siapa yang dimaksud? Yesus Kristus menebus umat manusia dari hukuman maut menuju kehidupan kekal bersama-Nya, dengan cara mencurahkan darah-Nya di kayu salib. 

Efesus 1:7-8 (TB)

7 Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, 8 yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian. 

Darah yang dimaksud di sini adalah, ada Darah Kudus yang dicurahkan sebagai pengorbanan Kristus buat umat manusia, demi menebus dosa manusia. Dengan Pencurahan darah itu - yang awalnya Dosa itu membuat manusia kehilangan segala hak untuk menerima segala hal yang baik - keadaan manusia dikembalikan seperti rancangan Allah yang semula.

Nabi boleh banyak, rasul boleh banyak, tapi Kristus Sang Mesias hanya satu! 

Ia menyelamatkan kita bukan hanya dari dosa, tetapi juga dari segala tipu daya iblis yang mau mencuri kemuliaan Allah dari diri kita.

Hari ini harinya Tuhan bag ke 8 

Program ke 

"Menerima Percikan Darah-Nya"

Menjadi Kristen intinya adalah menerima Percikan darah Kristus, sehingga semua keadaan yang lama sudah berlalu dan yang baru sudah terbit.

Buku Kisah Para Rasul ditulis oleh Rasul Petrus tahun 67 M. Intinya tentang bagaimana  Penderitaan di muka bumi ini terbatas, tapi kemuliaan Allah tidak terbatas. Sehingga manusia tidak perlu risau dan khawatir, Allah selalu punya solusi atas persoalan kita. 

Rasul Petrus mau mengajarkan kepada Jemaatnya, untuk bertahan dalam penderitaan. Bahkan Rasul Petrus memberikan teladan yang luar biasa, yaitu ia rela mati disalibkan terbalik, dengan kepalanya di bawah. Ia menderita lebih daripada Kristus. 

Ia mengajarkan pada kita semua, bahwa orang percaya yang sudah menerima Percikan darah Kristus, tidak boleh takut mengalami penderitaan, karena itu sementara saja sifatnya, Kemuliaan Kristus di Surga itu kekal sifatnya.

1 Petrus 1:1-2 (TB)

1 Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia, 2 yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

Langkah hidup orang percaya: 

1. Dipilih sesuai kehendak Allah
2. Dikuduskan 
3. Menerima Percikan Darah-Nya

Mengapa Percikan Darah Kristus sangat penting bagi orang percaya?

1. Darah Kristus sebagai benteng dari segala serangan Iblis

Yang akan membentengi kita adalah Darah Kristus. Segala hal jahat tidak bisa menembus darah Yesus yang membungkus kita. Orang yang disucikan, dimurnikan dan dipilih sendiri oleh Kristus dan menguduskan dirinya. Orang Kristen yang hidup bersungguh-sungguh pasti tidak bisa di guna-guna, disantet, diserang, diracun.

2. Jaminan kemenangan kita

Ketika darah Kristus dicurahkan, Ia menghancurkan kuasa Iblis. setan diletakkan di bawah kaki Kristus. Darah Yesus jaminan kemenangan kita atas Iblis. Kita diangkat sebagai anak-anak Allah.

3. Darah Kristus menjadi pembayar segala kegagalan kita

Kita dimerdekakan dari segala dakwaan Iblis. Kita sudah dibebaskan dari pengorbanan kambing domba yang harus dipersembahkan setiap tahun, untuk pendamaian dan pengampunan dosa kita.

Yoh Pembaptis mengatakan, "Inilah Anak Domba Allah yang mengangkut dosa seluruh umat manusia". Orang Kristen yang menyerahkan hidupnya bagi Kristus, sudah pasti dosanya sudah di hapuskan, disucikan kembali.

4. Darah Kristus sumber alasan sukacita

Bisa saja kita sedang dalam masalah, sedang dalam persoalan dan penderitaan, mungkin kita sudah mulai jauh dari Tuhan, tapi darah Kristus adalah alasan kita tetap bisa kembali kepada-Nya dan pembebasan terjadi, itulah Sukacita yang sempurna di dalam kehidupan ini.

Amin



0 comments:

Posting Komentar